PENGARUHMEDIA FLASH CARDTERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS ISDN NO 105/IIRAMBAHKABUPATEN BUNGO

  • nur miazni mega universitas dharmas indonesia
  • Rusyda Ulva universitas dharmas indonesia
  • Lika Apreasta universitas dharmas indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran bahasa Indonesia yang masih belum optimal. Hasil belajar siswa banyak di bawah KKM. Oleh karena itu, peneliti melakukan suatu penelitian dengan menggunakan media Flash Card. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Flash Card terhadap kemampuan membaca permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 105/II Rambah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Exsperimental Designs. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen tipe One-Group Pretest Design (tes awal-tes akhir). Penelitian ini dilakukan di SDN 105/II Rambah. Waktu dilaksanakannya penelitian ini pada semester II Tahun Pelajaran 2021/2022,Sampel pada penelitian ini berjumlah 21 siswa. Berdasarkan hasil uji paired samples t test diperoleh signifikansi 0,000<0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Flash Card terhadap kemampuan membaca permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 105/II Rambah. Media Flash Card dapat digunakan guru untuk mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata siswa.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran bahasa Indonesia yang masih belum optimal. Hasil belajar siswa banyak di bawah KKM. Oleh karena itu, peneliti melakukan suatu penelitian dengan menggunakan media Flash Card. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Flash Card terhadap kemampuan membaca permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 105/II Rambah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Exsperimental Designs. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen tipe One-Group Pretest Design (tes awal-tes akhir). Penelitian ini dilakukan di SDN 105/II Rambah. Waktu dilaksanakannya penelitian ini pada semester II Tahun Pelajaran 2021/2022,Sampel pada penelitian ini berjumlah 21 siswa. Berdasarkan hasil uji paired samples t test diperoleh signifikansi 0,000<0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Flash Card terhadap kemampuan membaca permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 105/II Rambah. Media Flash Card dapat digunakan guru untuk mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata siswa.

Published
2021-10-11
How to Cite
MEGA, nur miazni; ULVA, Rusyda; APREASTA, Lika. PENGARUHMEDIA FLASH CARDTERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS ISDN NO 105/IIRAMBAHKABUPATEN BUNGO. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 124-139, oct. 2021. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1155>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1155.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.