PENGARUHMEDIA FLASH CARDTERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS ISDN NO 105/IIRAMBAHKABUPATEN BUNGO
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran bahasa Indonesia yang masih belum optimal. Hasil belajar siswa banyak di bawah KKM. Oleh karena itu, peneliti melakukan suatu penelitian dengan menggunakan media Flash Card. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Flash Card terhadap kemampuan membaca permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 105/II Rambah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Exsperimental Designs. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen tipe One-Group Pretest Design (tes awal-tes akhir). Penelitian ini dilakukan di SDN 105/II Rambah. Waktu dilaksanakannya penelitian ini pada semester II Tahun Pelajaran 2021/2022,Sampel pada penelitian ini berjumlah 21 siswa. Berdasarkan hasil uji paired samples t test diperoleh signifikansi 0,000<0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Flash Card terhadap kemampuan membaca permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 105/II Rambah. Media Flash Card dapat digunakan guru untuk mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata siswa.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran bahasa Indonesia yang masih belum optimal. Hasil belajar siswa banyak di bawah KKM. Oleh karena itu, peneliti melakukan suatu penelitian dengan menggunakan media Flash Card. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Flash Card terhadap kemampuan membaca permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 105/II Rambah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Exsperimental Designs. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen tipe One-Group Pretest Design (tes awal-tes akhir). Penelitian ini dilakukan di SDN 105/II Rambah. Waktu dilaksanakannya penelitian ini pada semester II Tahun Pelajaran 2021/2022,Sampel pada penelitian ini berjumlah 21 siswa. Berdasarkan hasil uji paired samples t test diperoleh signifikansi 0,000<0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Flash Card terhadap kemampuan membaca permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 105/II Rambah. Media Flash Card dapat digunakan guru untuk mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata siswa.