PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELAS 1 SD NEGERI 01 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA
Abstract
Berdasarkan latar belakang pada penelitian ini terdapat masalah terhadap kemampuan membaca permulaan siswa yang masih mengeja huruf dan belum digunakannya media pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh yang signifiksn dalam penggunaan media flash card terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelas I SD Negeri 01 Sitiung. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Desain. Desain penelitian Pre-Experimental yang di gunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Desig. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest, pengumpulan data di kelas I SD Negeri 01 Sitiung hasil data pretest dan posttest tersebut di uji dengan menggunakan paired sample t-test pada SPSS20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flash card berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan. Dimana nilai rata-rata pretes yaitu 65,6 sedangkan nilai rata-rata posttest yaitu 80,5. Serta uji T-tes diperoleh kedua data tingkat signifikannya lebih kecil dari 0,05 hasil perhitungan diperoleh sign < α (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan membaca permulaan
Kata kunci : media flash card, membaca permulaan, pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Berdasarkan latar belakang pada penelitian ini terdapat masalah terhadap kemampuan membaca permulaan siswa yang masih mengeja huruf dan belum digunakannya media pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh yang signifiksn dalam penggunaan media flash card terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelas I SD Negeri 01 Sitiung. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Desain. Desain penelitian Pre-Experimental yang di gunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Desig. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest, pengumpulan data di kelas I SD Negeri 01 Sitiung hasil data pretest dan posttest tersebut di uji dengan menggunakan paired sample t-test pada SPSS20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flash card berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan. Dimana nilai rata-rata pretes yaitu 65,6 sedangkan nilai rata-rata posttest yaitu 80,5. Serta uji T-tes diperoleh kedua data tingkat signifikannya lebih kecil dari 0,05 hasil perhitungan diperoleh sign < α (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan membaca permulaan
Kata kunci : media flash card, membaca permulaan, pembelajaran Bahasa Indonesia