PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELAS 1 SD NEGERI 01 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA

  • Endang Dwi Lestari Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Berdasarkan latar belakang pada penelitian ini terdapat masalah terhadap kemampuan membaca permulaan siswa yang masih mengeja huruf dan belum digunakannya media pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh yang signifiksn dalam penggunaan media flash card terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelas I SD Negeri 01 Sitiung. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Desain. Desain penelitian Pre-Experimental yang di gunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Desig. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest, pengumpulan data di kelas I SD Negeri 01 Sitiung hasil data pretest dan posttest tersebut di uji dengan menggunakan paired sample t-test pada SPSS20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flash card berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan. Dimana nilai rata-rata pretes yaitu 65,6 sedangkan nilai rata-rata posttest yaitu 80,5. Serta uji T-tes diperoleh kedua data tingkat signifikannya lebih kecil dari 0,05 hasil perhitungan diperoleh sign < α (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan membaca permulaan


 


Kata kunci : media flash card, membaca permulaan, pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Berdasarkan latar belakang pada penelitian ini terdapat masalah terhadap kemampuan membaca permulaan siswa yang masih mengeja huruf dan belum digunakannya media pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh yang signifiksn dalam penggunaan media flash card terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelas I SD Negeri 01 Sitiung. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Desain. Desain penelitian Pre-Experimental yang di gunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Desig. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest, pengumpulan data di kelas I SD Negeri 01 Sitiung hasil data pretest dan posttest tersebut di uji dengan menggunakan paired sample t-test pada SPSS20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flash card berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan. Dimana nilai rata-rata pretes yaitu 65,6 sedangkan nilai rata-rata posttest yaitu 80,5. Serta uji T-tes diperoleh kedua data tingkat signifikannya lebih kecil dari 0,05 hasil perhitungan diperoleh sign < α (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan membaca permulaan


 


Kata kunci : media flash card, membaca permulaan, pembelajaran Bahasa Indonesia

Published
2021-08-16
How to Cite
LESTARI, Endang Dwi. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELAS 1 SD NEGERI 01 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 112-123, aug. 2021. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1098>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1098.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.