PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 01 SITIUNG KABUAPTEN DHARMASRAYA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika Tema 7 di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap model pembelajaran picture and picture. pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika tema 7 kelas II SD Negeri 01 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini merupakan Pre-eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik pada kelas II SD Negeri 01 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling jenuh. Dan sampel penelitian ini adalah kelas II yang terdiri 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji normalitas dan uji hipotesis melalui SPSS 20 pada taraf 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran picture and picture, ini memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar Matematika peserta didik, hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata pretest dan posttest yang diperoleh dari peserta didik kelas II dengan perolehan rata-rata pretest 51 dan posttest 69. Berdasarkan dari analisis yang dilakukan, diperoleh nilai signifikan model pembelajaran picture and picture.
Kata kunci : Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar Matematika.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika Tema 7 di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap model pembelajaran picture and picture. pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika tema 7 kelas II SD Negeri 01 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini merupakan Pre-eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik pada kelas II SD Negeri 01 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling jenuh. Dan sampel penelitian ini adalah kelas II yang terdiri 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji normalitas dan uji hipotesis melalui SPSS 20 pada taraf 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran picture and picture, ini memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar Matematika peserta didik, hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata pretest dan posttest yang diperoleh dari peserta didik kelas II dengan perolehan rata-rata pretest 51 dan posttest 69. Berdasarkan dari analisis yang dilakukan, diperoleh nilai signifikan model pembelajaran picture and picture.
Kata kunci : Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar Matematika.