KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI KUNCI KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA BALURAN KABUPATEN SITUBONDO

  • Nina Saidah Fitriyah Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Siti Nur Latifa Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Fajriyatin Fajriyatin Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Miftahurrohman Miftahurrohman Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor utama yang menentukan tingkat kepuasan pelanggan, khususnya dalam sektor pelayanan public seperti penyediaan air bersih. PDAM Tirta Baluran Kabupaten Situbondo sebagai penyedia layanan air minum dituntut untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanannya guna memenuhi harapan serta kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PDAM Tirta Baluran Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan metode survey melalui penyebaran kuesioner kepada 344 pelanggan sebagai responden. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk memastikan keabsahan dan konsistensi instrument penelitian, dimana seluruh item dinyatakan valid dan reliable. Uji asumsi klasik yang mencakup uji normalitas dan heteroskedastisitas, dan hasilnya menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan memenuhi asumsi tersebut. Analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan niali signifikansi 0,000 < 0,05. Uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F) mendukung hasil tersebut dengan nilai t hitung sebesar 20,047 dan F hitung sebesar 401,867, keduanya menunjukkan signifikansi tinggi. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,540 menunjukkan bahwa 54% variasi kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan. Dengan demikian, peningkatan kualitas pelayanan terbukti secara signifikan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan pada PDAM Tirta Baluran Kabupaten Situbondo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Harlow, England: Pearson Education Limited.
Neuman, W. L. (2014). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches (7th ed.). Harlow, England: Pearson Education Limited.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Pemerintah Republik Indonesia. (2015). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 122 Tahun 2015 tentang Sistem Penyediaan Air Minum. Jakarta: Sekretariat Negara.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta. Andi Offset.
Umar, H. (2005). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Published
2025-07-31
How to Cite
FITRIYAH, Nina Saidah et al. KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI KUNCI KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA BALURAN KABUPATEN SITUBONDO. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 349-356, july 2025. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/6907>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v9i1.6907.