PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CULTURALLY RESPONSIVE TRANSFORMATIVE TEACHING (CRTT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil kognitif dan minat belajar siswa. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Lhokseumawe tahun ajaran 2023/2024 dan sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunkan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan pretest, posttest dan angket. Analisis data instrumen untuk mengukur kemampuan hasil belajar kognitif menggunakan soal pretest dan posttest yang sudah melalui uji prasyarat dengan nilai korelasi 0,80 – 1,00 (layak digunakan), dan analisis data instrumen dalam mengukur tingkat minat belajar siswa menggunakan angket minat yang sudah diuji validasi para ahli. Hasil pengujian hasil belajar kognitif kelas eksperimen dan kontrol menggunakan independent sample t test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05, dan pengujian angket minat belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol dari hasil uji t diketahui bahwa nilai Sig (2-tailed) terhadap minat belajar siswa 0,001<0,05. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT) mampu meningkatkan hasil kognitif dan minat belajar siswa.
Downloads
References
Amir, S. D., Samputri, S., Rasyid, A., & Suryani, S. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching SMP Negeri 1 Malili. Jurnal pemikiran dan pengembangan pembelajaran, 5(2), 923-930.
Gay, G. (2018). Culturally responsive teaching: Theory, research, and practice. teachers college press.
Jannah, S. R., Munandar, K., Wadiono, G., & Aisah, D. N. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi dengan Model PjBL dan Pendekatan CRT. Jurnal Biologi, 1(4), 1-11.
Muliaman, A., & Hutagaol, L. M. (2017). Improvement Of Student Learning Outcome Using Model Of Collaborative Based Lesson Study With Student ‘S Worksheet On Materials Hydrolys.
Rahmi, A. (2018). Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) pada materi kinetika kimia. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 43-49.
Rahmawati, Y., Ridwan, A., Rahman, A., & Kurniadewi, F. (2018). Chemistry students’ identity empowerment through etnochemistry in culturally responsive transformative teaching (CRTT). In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1156, No. 1, p. 012032). IOP Publishing.
Rahmawati, Y., Ridwan, A., Faustine, S., & Mawarni, P. C. (2020). Pengembangan Soft Skills Siswa Melalui Penerapan Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT) dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 86–96.
Safrina, S. (2022). Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Bahan Alami di Lingkungan Sekitar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 MAN 1 Pidie. SINTHOP: Media Kajian Pendidikan, Agama, Sosial Dan Budaya, 1(2), 77–98.
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.







