Analisis Persepsi dan Harapan terhadap Kualitas Layanan Pendidikan di Sekolah Dasar
Abstract
Kualitas layanan yang memenuhi harapan pengguna merupakan sasaran penting bagi penyedia jasa termasuk juga dalam layanan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pendidikan dalam lima dimensi ServQual (keandalan, bukti fisik, jaminan, daya tanggap, dan empati) dan mengetahui kesenjangan antara persepsi dan harapan serta atribut layanan yang dianggap penting. Pengumpulan data memakai angket dengan responden sejumlah 242 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak berstrata untuk orang tua siswa di semua jenjang di SDIT Nurul Fikri Depok. Teknik analisis data memakai analisis kesenjangan yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas untuk item pertanyaan yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan sudah baik walaupun angka kesenjangan bernilai negatif dengan angka kesenjangan rata rata dimensi masih di bawah -1. Analisis kesenjangan memberikan hasil bahwa lima dimensi menunjukkan angka negatif yaitu persepsi nilainya lebih kecil dibandingkan dengan harapan orang tua siswa terkait kualitas layanan. Dengan harapan yang tinggi dari orang tua maka SDIT Nurul Fikri Depok perlu memprioritaskan peningkatan atribut layanan yang belum optimal meskipun seluruh atribut layanan yang ada tetap harus ditingkatkan karena menjadi satu-kesatuan layanan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.
Downloads
Abstract
Kualitas layanan yang memenuhi harapan pengguna merupakan sasaran penting bagi penyedia jasa termasuk juga dalam layanan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pendidikan dalam lima dimensi ServQual (keandalan, bukti fisik, jaminan, daya tanggap, dan empati) dan mengetahui kesenjangan antara persepsi dan harapan serta atribut layanan yang dianggap penting. Pengumpulan data memakai angket dengan responden sejumlah 242 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak berstrata untuk orang tua siswa di semua jenjang di SDIT Nurul Fikri Depok. Teknik analisis data memakai analisis kesenjangan yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas untuk item pertanyaan yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan sudah baik walaupun angka kesenjangan bernilai negatif dengan angka kesenjangan rata rata dimensi masih di bawah -1. Analisis kesenjangan memberikan hasil bahwa lima dimensi menunjukkan angka negatif yaitu persepsi nilainya lebih kecil dibandingkan dengan harapan orang tua siswa terkait kualitas layanan. Dengan harapan yang tinggi dari orang tua maka SDIT Nurul Fikri Depok perlu memprioritaskan peningkatan atribut layanan yang belum optimal meskipun seluruh atribut layanan yang ada tetap harus ditingkatkan karena menjadi satu-kesatuan layanan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.
References
Bahiyyah, F. D., & Wibowo, U. B. (2019). Analisis Kualitas Layanan Akademik Madrasah Dengan Metode Servqual Pada Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p1-10
Gloriano, G., & Nugraha, J. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Servqual: Studi Kasus di Perpustakaan Unesa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(3), 233–245. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n3.p233-245
Hardiansyah, H. (2019). Analisis Servqual Berdasarkan Persepsi Dan Ekspektasi Siswa Terhadap Layanan Pendidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 7(2), 91–100. https://doi.org/10.33394/vis.v4i2.3002
Jelantik, K. (2021). Era Revolusi Industri 4.0 Dan Paradigma Baru Kepala Sekolah. CV Budi Utama.
Mahendra, D. (2019). Analisis Faktor Kepuasan Orang Tua Siswa Terhadap Kualitas Layanan Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu ( MIT ) Al Madinah Balong Ponorogo. In Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Prananda, Y., Lucitasari, D. R., & Abdul Khannan, M. S. (2019). Penerapan Metode Service Quality (Servqual) Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Pelanggan. Opsi, 12(1), 1. https://doi.org/10.31315/opsi.v12i1.2827
Rachmadita, R. N., & Arninputranto, W. (2018). Analisis kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan perpustakaan di perguruan tinggi vokasi dengan metode servqual dan importance-performace analysis. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(2), 214–225. https://doi.org/10.22146/bip.32602
Ramdan, U. S. (2020). Analisis Tingkat Kualitas Pelayanan Dengan Metode Servqual – Importance Performance Analysis (Studi Kasus Nasabah Pt Bni Syariah Cabang Karawang). In UIN Syarif Hidayatullah.
Sa’idu, N. (2023). Analisis Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Madrasah Binaan Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Menggunakan Servqual. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.51878/academia.v3i1.1957
Sabila, M. Q. (2018). Evaluasi Kualitas Layanan dengan Pendekatan SERVQUAL dan Importance Performance Analysis pada Flaurent Salon Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Sagala, S. (2013). Etika dan Moralitas Pendidikan Peluang dan Tantangan (1st ed.). Penerbit Kencana.
Sumarmi, W., & Wahyuni, H. C. (2016). Analisa Tingkat Kepuasan Kualitas Layanan Perguruan Tinggi Swasta Berdasarkan Metode SERVQUAL. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 2(1), 15–20.
Wibisono, D. (2017). Analisis Kualitas Layanan Pendidikan Dengan Menggunakan Integrasi Metode Servqual Dan QFD: Studi Kasus Sekolah YASPORBI. Operations Excellence: Journal of Applied Industrial Engineering (OE Journal), 9(1), 44–55. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2262
Windriati, F. (2018). Analisis Kepuasan Orang Tua Siswa Terhadap Layanan Pendidikan Di MTS N 2 Semarang. In UIN Walisongo Semarang.
Yulianti, Y. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Pendidikan Dengan Menggunakan Gap Analysis Dan Importance Performance Analysis (IPA) Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2), 122–133.