@article{cermin_unars, author = {Lilis Badriah and Eigis Pramularso}, title = { Analisis Persepsi dan Harapan terhadap Kualitas Layanan Pendidikan di Sekolah Dasar}, journal = {CERMIN: Jurnal Penelitian}, volume = {8}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {}, abstract = {Kualitas layanan yang memenuhi harapan pengguna merupakan sasaran penting bagi penyedia jasa termasuk juga dalam layanan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pendidikan dalam lima dimensi ServQual (keandalan, bukti fisik, jaminan, daya tanggap, dan empati) dan mengetahui kesenjangan antara persepsi dan harapan serta atribut layanan yang dianggap penting. Pengumpulan data memakai angket dengan responden sejumlah 242 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak berstrata untuk orang tua siswa di semua jenjang di SDIT Nurul Fikri Depok. Teknik analisis data memakai analisis kesenjangan yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas untuk item pertanyaan yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan sudah baik walaupun angka kesenjangan bernilai negatif dengan angka kesenjangan rata rata dimensi masih di bawah -1. Analisis kesenjangan memberikan hasil bahwa lima dimensi menunjukkan angka negatif yaitu persepsi nilainya lebih kecil dibandingkan dengan harapan orang tua siswa terkait kualitas layanan. Dengan harapan yang tinggi dari orang tua maka SDIT Nurul Fikri Depok perlu memprioritaskan peningkatan atribut layanan yang belum optimal meskipun seluruh atribut layanan yang ada tetap harus ditingkatkan karena menjadi satu-kesatuan layanan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.}, issn = {2615-3238}, pages = {53--63}, doi = {10.36841/cermin_unars.v8i1.4141}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/4141} }