Pengaruh Word Of Mouth dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone Pada Mahasiswa di Universitas Mayjen Sungkono Kota Mojokerto

  • Dani Andrian Saputra Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto
  • Selvia Marcelina Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto
  • Regina Raisa Sari Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto
  • Delfia Resti Amalia Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto

Abstract

Dalam dinamika pasar smartphone yang kompetitif, “Word of Mouth” (WOM) dan citra merek menjadi faktor kunci yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini mengungkapkan bagaimana WOM dan citra merek berkontribusi terhadap keputusan pembelian smartphone merek iPhone di kalangan mahasiswa Universitas Mayjen Sungkono, Kota Mojokerto. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori,  Linier ini melibatkan sampel sebanyak 45 mahasiswa untuk menguji hipotesis melalui metode regresi linier berganda. Pengukuran reliabilitas dilakukan dengan menguji statistik Cronbach Alpha. Teknik pengukuran penulis memakai pedoman kuesioner dan skala yang dipakai dalam pengukuran data adalah skala Likert. Pada penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WOM dan citra merek memiliki pengaruh yang signifikan, baik secara parsial maupun simultan, terhadap keputusan pembelian. WOM efektif dalam menyebarkan informasi positif, sementara citra merek yang kuat meningkatkan probabilitas pembelian. Kedua faktor ini secara kolektif berkontribusi sebesar 32.8% terhadap keputusan pembelian, menandakan pentingnya strategi pemasaran yang memanfaatkan WOM dan membangun citra merek yang positif. Temuan ini memberikan wawasan strategis bagi perusahaan dalam merancang kampanye pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Dalam dinamika pasar smartphone yang kompetitif, “Word of Mouth” (WOM) dan citra merek menjadi faktor kunci yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini mengungkapkan bagaimana WOM dan citra merek berkontribusi terhadap keputusan pembelian smartphone merek iPhone di kalangan mahasiswa Universitas Mayjen Sungkono, Kota Mojokerto. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori,  Linier ini melibatkan sampel sebanyak 45 mahasiswa untuk menguji hipotesis melalui metode regresi linier berganda. Pengukuran reliabilitas dilakukan dengan menguji statistik Cronbach Alpha. Teknik pengukuran penulis memakai pedoman kuesioner dan skala yang dipakai dalam pengukuran data adalah skala Likert. Pada penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WOM dan citra merek memiliki pengaruh yang signifikan, baik secara parsial maupun simultan, terhadap keputusan pembelian. WOM efektif dalam menyebarkan informasi positif, sementara citra merek yang kuat meningkatkan probabilitas pembelian. Kedua faktor ini secara kolektif berkontribusi sebesar 32.8% terhadap keputusan pembelian, menandakan pentingnya strategi pemasaran yang memanfaatkan WOM dan membangun citra merek yang positif. Temuan ini memberikan wawasan strategis bagi perusahaan dalam merancang kampanye pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan.

References

Ali Hasan, S. E. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut. Media Pressindo.

Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669.

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama Internasional.

Friedman, T. L. (2006). The world is flat: Sejarah ringkas abad ke-21. Jakarta: Dian Rakyat.

Harrison-Walker, L. J. (2001). The measurement of word-of-mouth communication and an investigation of service quality and customer commitment as potential antecedents. Journal of Service Research, 4(1), 60–75.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 1, Issue 2). Jilid.

Kotler, P., & Gunawan, E. (1983). Manajemen Pemasaran: Analisis, perencanaan dan pengendalian. Penerbit Erlangga.

Lestari, B. L. S., & Septiani, E. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone Pada Mahasiswa di Universitas Mataram. ALEXANDRIA (Journal of Economics, Business, & Entrepreneurship), 2(1), 11–18. https://doi.org/10.29303/alexandria.v2i1.26

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen pemasaran jasa. Language, 18(298p), 26cm.

Nidya Rizkawati, Eny Rachmawati, Adil Abdillah, Khasbulloh Huda. 2023. “Analisis Strategi Konsumen Terhadap Pembelian Krupuk Rambak Ar-Rohmah Di Kemlagi Mojokerto.” Jurnal Maneksi VOL 12, No.1 12(1):58–70.

Sari, F. P., & Yuniati, T. (2016). Pengaruh harga citra merek dan word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(6).

Setiadi, N. J., & SE, M. M. (2015). Perilaku Konsumen: edisi revisi. Kencana.

Suprapti, N. W. S. (2010). Perilaku Konsumen: Pemahaman dasar dan aplikasinya dalam strategi pemasaran. Bali: Universitas Udayana Bali.

Tjiptono, F. (2009). Strategi Pemasaran, Andy Offset, Yogyakarta. Dalam Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5.

Utami, S. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone Merek Samsung Note 8 Di Surabaya. STIE Perbanas Surabaya.
Published
2023-12-29
How to Cite
SAPUTRA, Dani Andrian et al. Pengaruh Word Of Mouth dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone Pada Mahasiswa di Universitas Mayjen Sungkono Kota Mojokerto. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 468 - 475, dec. 2023. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/3951>. Date accessed: 13 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v7i2.3951.