@article{cermin_unars, author = {Dani Saputra and Selvia Marcelina and Regina Sari and Delfia Amalia}, title = { Pengaruh Word Of Mouth dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone Pada Mahasiswa di Universitas Mayjen Sungkono Kota Mojokerto}, journal = {CERMIN: Jurnal Penelitian}, volume = {7}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Dalam dinamika pasar smartphone yang kompetitif, “Word of Mouth†(WOM) dan citra merek menjadi faktor kunci yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini mengungkapkan bagaimana WOM dan citra merek berkontribusi terhadap keputusan pembelian smartphone merek iPhone di kalangan mahasiswa Universitas Mayjen Sungkono, Kota Mojokerto. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori, Linier ini melibatkan sampel sebanyak 45 mahasiswa untuk menguji hipotesis melalui metode regresi linier berganda. Pengukuran reliabilitas dilakukan dengan menguji statistik Cronbach Alpha. Teknik pengukuran penulis memakai pedoman kuesioner dan skala yang dipakai dalam pengukuran data adalah skala Likert. Pada penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WOM dan citra merek memiliki pengaruh yang signifikan, baik secara parsial maupun simultan, terhadap keputusan pembelian. WOM efektif dalam menyebarkan informasi positif, sementara citra merek yang kuat meningkatkan probabilitas pembelian. Kedua faktor ini secara kolektif berkontribusi sebesar 32.8% terhadap keputusan pembelian, menandakan pentingnya strategi pemasaran yang memanfaatkan WOM dan membangun citra merek yang positif. Temuan ini memberikan wawasan strategis bagi perusahaan dalam merancang kampanye pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan.}, issn = {2615-3238}, pages = {468--475}, doi = {10.36841/cermin_unars.v7i2.3951}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/3951} }