PENGARUH RETAIL FAKTOR MANAJEMEN (SOSIAL, EKONOMI DAN TEKHNOLOGI ) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIMEDIASI VARIABEL PERILAKU KONSUMEN

  • Eny Nuraeni Fakultas ekonomi , Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto
  • Agus Sunaryo Fakultas ekonomi , Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto
  • Elok Cahyaning Pratiwi Fakultas ekonomi , Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto
  • Elly Joenarni Fakultas ekonomi , Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh beberapa factor manajemen  terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini berjenis observasional korelasional berifat eksplanasi. Pengumpulan data penelitian diperoleh secara langsung dari sumber primer. Populasi adalah pegawai dari 10 pengusaha retailer berplatform digital sepatu yang tersebar di Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, sampel diambil 10 sehingga menjadi 100 responden. Analisis data menggunakan analisis jalur (Path analysis) dengan permodelan ekonometrika regresi linier berganda.. Berdasarkan hasil, faktor teknologi mendominasi pengaruh secara langsung terhadap perilaku konsumen dan secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh beberapa factor manajemen  terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini berjenis observasional korelasional berifat eksplanasi. Pengumpulan data penelitian diperoleh secara langsung dari sumber primer. Populasi adalah pegawai dari 10 pengusaha retailer berplatform digital sepatu yang tersebar di Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, sampel diambil 10 sehingga menjadi 100 responden. Analisis data menggunakan analisis jalur (Path analysis) dengan permodelan ekonometrika regresi linier berganda.. Berdasarkan hasil, faktor teknologi mendominasi pengaruh secara langsung terhadap perilaku konsumen dan secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian.

References

Abdillah, L. A., M. H. Alwi, J. Simarmata, M. Bisyri, N. Nasrullah, A. Asmeati, S. Sakir, N. A. Affandy, and E. Bachtiar. 2020. Aplikasi Teknologi Informasi: Konsep Dan Penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Asmas, Denny, and Ahmad Tarmizi. 2021. “Pengaruh Budaya Dan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instant Merk Indomie (Studi Pada Kelurahan Telanaipura Kecamatan Telanaipura).” J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains) 6(2):454–59.

Berman, Barry, Joel R. Evans, and Patrali Chatterjee. 2018. Retail Management: A Strategic Approach. Harlow, United Kingdom: Pearson Education Limited.

Dewi, Faye Maya. 2022. “Perilaku Konsumen, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Brand X.” JURNAL CAFETARIA 3(2):127–34.

Dharmawan, Winda Putri, and Farah Oktafani. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Makanan Pada Aplikasi Gojek.” SEIKO: Journal of Management & Business 5(1):130–40.

Glowik, Mario, and Slawomir Smyczek. 2012. “International Marketing Management.” in International Marketing Management. Oldenbourg Wissenschaftsverlag.

Hamida, Ichawanda Ayu, and Amron Amron. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Menggunakan Layanan Pesan-Antar Shopee Food (Studi Pada Pengguna Shopee Food Di Kota Semarang).” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 25(1):33–42.

Inayati, Titik, Mohamad Johan Efendi, and Ayu Safika Dewi. 2022. “Pengaruh Digital Marketing , Electronic Word of Mouth , Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Indonesia.” 1(3):202–9.

Jacobsen, M. L. 2011. The Art of Retail Buying: An Insider’s Guide to the Best Practices from the Industry. Singapore: Wiley.

Jordan, Akhmad Dwi. 2020. “Mekanisme Hubungan Permintaan Dalam Mempengaruhi Pasar.” Eprints.Umsida.Ac.Id.

Kasimoglu, Murat. 2012. Strategies for Tourism Industry: Micro and Macro Perspectives. BoD–Books on Demand.

Khosrow-Pour, D. B. A. 2007. Innovative Technologies for Information Resources Management. Vol. 3. IGI Global.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. “Marketing Management (15th Global Ed.).” England: Pearson.

Lok, J. C. 2019. Behavioral Economic Brings Marketing Strategic Advantages. Independently Published.

Prabhu, TL. 2019. Retail Management: An Effective Management Strategy for Retail Store Managers. Nestfame Creations Pvt. Ltd.

Putri, Heka Ananda, and Suhermin Suhermin. 2022. “Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi Dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM) 11(4).

Rizkitania, Annisa, Aidah Auliyah, and Yudi Arimba Wani. 2022. “Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Katering Sehat: Factors Affecting Consumer Purchasing Decisions on Healthy Catering.” Media Gizi Indonesia 17(2):214–24.

Setiadi, Nugroho J. 2015. Perilaku Konsumen: Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.

Sholeh, Rachmad, and Khasbulloh Huda. 2019. “Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Volume Pejualan Ritel Di Kota Mojokerto.” Optima 3(1). doi: 10.33366/optima.v3i1.1253.

Suleman, Dede, Hapzi Ali, Dewi Nusraningrum, and Mochammad Mukti Ali. 2020. “Pembeda Konsumen Dalam Memilih Tempat Belanja Offline Vs Online.” Jurnal Ecodemica 4(2):275–82.
Suprihadi, Eddy. 2020. Sistem Informasi Bisnis Dunia Versi 4.0. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tonda, Firmansyah, and Tuhu Setya Ning Tyas. 2022. “Literature Review Determinasi Perilaku Konsumen: Kebudayaan, Sosial Dan Pribadi.” JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL 3(2):509–19.

Toruan, Enjelya Peronika Lumban. 2022. “Literature Review Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi E-Commerce: Bisnis, Internet Dan Teknologi (Literature Review Perilaku Konsumen).” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 3(6):621–28.

Varghese, D. 2021. Retail Store Management. Lucknow: Book Rivers.

Winasis, Shinta, Agung Terminanto, and Ahmad Badawi. 2018. “Building a Winning Team: Case of Tanah Abang Main Branch, Private Bank ABC.” in Internasional Conference on Industrial Engineering and Operations Management.

Zuniarti, Ida, Dede Suleman, Susan Rachmawati, and Sri Rusiyati. 2020. “How Ease of Use, Usefulness toward Attitude of Shopping at Online Retail.” Dinasti International Journal of Education Management and Social Science 1(4):448–53.

Abdillah, L. A., M. H. Alwi, J. Simarmata, M. Bisyri, N. Nasrullah, A. Asmeati, S. Sakir, N. A. Affandy, and E. Bachtiar. 2020. Aplikasi Teknologi Informasi: Konsep Dan Penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Asmas, Denny, and Ahmad Tarmizi. 2021. “Pengaruh Budaya Dan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instant Merk Indomie (Studi Pada Kelurahan Telanaipura Kecamatan Telanaipura).” J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains) 6(2):454–59.

Berman, Barry, Joel R. Evans, and Patrali Chatterjee. 2018. Retail Management: A Strategic Approach. Harlow, United Kingdom: Pearson Education Limited.

Dewi, Faye Maya. 2022. “Perilaku Konsumen, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Brand X.” JURNAL CAFETARIA 3(2):127–34.

Dharmawan, Winda Putri, and Farah Oktafani. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Makanan Pada Aplikasi Gojek.” SEIKO: Journal of Management & Business 5(1):130–40.

Glowik, Mario, and Slawomir Smyczek. 2012. “International Marketing Management.” in International Marketing Management. Oldenbourg Wissenschaftsverlag.

Hamida, Ichawanda Ayu, and Amron Amron. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Menggunakan Layanan Pesan-Antar Shopee Food (Studi Pada Pengguna Shopee Food Di Kota Semarang).” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 25(1):33–42.

Inayati, Titik, Mohamad Johan Efendi, and Ayu Safika Dewi. 2022. “Pengaruh Digital Marketing , Electronic Word of Mouth , Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Indonesia.” 1(3):202–9.

Jacobsen, M. L. 2011. The Art of Retail Buying: An Insider’s Guide to the Best Practices from the Industry. Singapore: Wiley.

Jordan, Akhmad Dwi. 2020. “Mekanisme Hubungan Permintaan Dalam Mempengaruhi Pasar.” Eprints.Umsida.Ac.Id.

Kasimoglu, Murat. 2012. Strategies for Tourism Industry: Micro and Macro Perspectives. BoD–Books on Demand.

Khosrow-Pour, D. B. A. 2007. Innovative Technologies for Information Resources Management. Vol. 3. IGI Global.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. “Marketing Management (15th Global Ed.).” England: Pearson.

Lok, J. C. 2019. Behavioral Economic Brings Marketing Strategic Advantages. Independently Published.

Prabhu, TL. 2019. Retail Management: An Effective Management Strategy for Retail Store Managers. Nestfame Creations Pvt. Ltd.

Putri, Heka Ananda, and Suhermin Suhermin. 2022. “Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi Dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM) 11(4).

Rizkitania, Annisa, Aidah Auliyah, and Yudi Arimba Wani. 2022. “Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Katering Sehat: Factors Affecting Consumer Purchasing Decisions on Healthy Catering.” Media Gizi Indonesia 17(2):214–24.

Setiadi, Nugroho J. 2015. Perilaku Konsumen: Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.

Sholeh, Rachmad, and Khasbulloh Huda. 2019. “Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Volume Pejualan Ritel Di Kota Mojokerto.” Optima 3(1). doi: 10.33366/optima.v3i1.1253.

Suleman, Dede, Hapzi Ali, Dewi Nusraningrum, and Mochammad Mukti Ali. 2020. “Pembeda Konsumen Dalam Memilih Tempat Belanja Offline Vs Online.” Jurnal Ecodemica 4(2):275–82.
Suprihadi, Eddy. 2020. Sistem Informasi Bisnis Dunia Versi 4.0. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tonda, Firmansyah, and Tuhu Setya Ning Tyas. 2022. “Literature Review Determinasi Perilaku Konsumen: Kebudayaan, Sosial Dan Pribadi.” JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL 3(2):509–19.

Toruan, Enjelya Peronika Lumban. 2022. “Literature Review Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi E-Commerce: Bisnis, Internet Dan Teknologi (Literature Review Perilaku Konsumen).” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 3(6):621–28.

Varghese, D. 2021. Retail Store Management. Lucknow: Book Rivers.

Winasis, Shinta, Agung Terminanto, and Ahmad Badawi. 2018. “Building a Winning Team: Case of Tanah Abang Main Branch, Private Bank ABC.” in Internasional Conference on Industrial Engineering and Operations Management.

Zuniarti, Ida, Dede Suleman, Susan Rachmawati, and Sri Rusiyati. 2020. “How Ease of Use, Usefulness toward Attitude of Shopping at Online Retail.” Dinasti International Journal of Education Management and Social Science 1(4):448–53.
Published
2022-11-25
How to Cite
NURAENI, Eny et al. PENGARUH RETAIL FAKTOR MANAJEMEN (SOSIAL, EKONOMI DAN TEKHNOLOGI ) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIMEDIASI VARIABEL PERILAKU KONSUMEN. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 534-547, nov. 2022. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/2455>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i2.2455.
Section
Articles