DIVERSIFIKASI DAN KUALITAS PRODUK DALAM MEMBANGUN KEPUASAN DAN LOYATAS PELANGGAN

  • Randika Fandiyanto Fakultas Ekonomi, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Tyas Nuril Chofijah Fakultas Ekonomi, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Siti Soeliha Fakultas Ekonomi, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Pemasaran adalah sistem total kegiatan bisnis yang dirancang untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Setiap kegiatan baik yang bergerak dibidang kuliner, pendidikan, perkantoran dan lain sebagainya membutuhkan jasa percetakan. Jasa percetakan saat ini dituntut untuk menyediakan kebutuhan lain yang mendukung perkembangan bisnis ini di masa yang akan datang. Rava Printing adalah perusahaan jasa yang bergerak dibidang jasa dengan menyediakan kebutuhan alat tulis kantor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh diversifikasi produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Rava Printing. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan quota sampling. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Model Persamaan Struktural – Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0, menunjukkan bahwa variabel diversifikasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, diversifikasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. loyalitas, kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji hipotesis pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa variabel diversifikasi produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Pemasaran adalah sistem total kegiatan bisnis yang dirancang untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Setiap kegiatan baik yang bergerak dibidang kuliner, pendidikan, perkantoran dan lain sebagainya membutuhkan jasa percetakan. Jasa percetakan saat ini dituntut untuk menyediakan kebutuhan lain yang mendukung perkembangan bisnis ini di masa yang akan datang. Rava Printing adalah perusahaan jasa yang bergerak dibidang jasa dengan menyediakan kebutuhan alat tulis kantor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh diversifikasi produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Rava Printing. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan quota sampling. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Model Persamaan Struktural – Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0, menunjukkan bahwa variabel diversifikasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, diversifikasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. loyalitas, kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji hipotesis pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa variabel diversifikasi produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Anoraga, P. 2012. Manajemen Bisnis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Assauri. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Benson. 2017. From business strategy to IT action. Right decisions for a bottom line. New Jersey: John Willey and Sons, Inc.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Ghozali I dan Ratmono D. 2013. Analisis Multivariate dan Ekonometrika (Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Eviews 8, ISBN, UNDIP). Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Griffin, J. 2015. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hair, J et. al. 2018. Multivariate Data Analysis (Seventh Edition). Newyork: Prentice Hall International.

Hermawan, A. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler P dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Nazir, M. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Riduwan. 2017. Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. 2014. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. 2017. Service, quality, and satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Wijayanti, T. 2012. Marketing Plan, Perlukah? Jakarta: Elex Media Komputindo.
Published
2022-10-18
How to Cite
FANDIYANTO, Randika; CHOFIJAH, Tyas Nuril; SOELIHA, Siti. DIVERSIFIKASI DAN KUALITAS PRODUK DALAM MEMBANGUN KEPUASAN DAN LOYATAS PELANGGAN. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 312-324, oct. 2022. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/2301>. Date accessed: 06 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i1.2301.
Section
Articles