PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI MIS ISLAMIYAH SUNGGAL

  • Sedya Santosa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Septi Lastri Siregar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar matematika siswa kelas VI dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional (2) Hasil belajar matematika siswa kelas VI dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MIS Islamiyah Sunggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, serta teknik analisis data dengan menggunakan analisis inferensial (uji normalitas, uji wilcoxon, dan uji Mann-Whitney). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 57 siswa, yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Konvensional sebesar 75,92593. (2) Hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Example Non Example memperoleh sebesar 84,8333. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI di MIS Islamiyah Sunggal. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney yaitu Zhitung sebesar 2,142 dengan nilai Sig. 0,0032. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari  = 0,05 sehingga Ha diterima. Simpulan dalam penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar matematika siswa kelas VI dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional (2) Hasil belajar matematika siswa kelas VI dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MIS Islamiyah Sunggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, serta teknik analisis data dengan menggunakan analisis inferensial (uji normalitas, uji wilcoxon, dan uji Mann-Whitney). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 57 siswa, yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Konvensional sebesar 75,92593. (2) Hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Example Non Example memperoleh sebesar 84,8333. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI di MIS Islamiyah Sunggal. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney yaitu Zhitung sebesar 2,142 dengan nilai Sig. 0,0032. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari  = 0,05 sehingga Ha diterima. Simpulan dalam penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional.

References

Arif, T.P. & Musfiqon, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Budiyanto, M.A.K. (2016). Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Hadi, S., & Kalsum, M.U. (2015). Pemahaman Konsep Matematika SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Istarani, I. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Lubis, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Kelas VII MTs. S Hubbul Wathan Modal Bangsa 2017/2018. Skripsi, Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Mudlofir, A., & Rusydiyah, E.F. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Prasetyo, B., & Jannah, L.M. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rahardjo, D. (1996). Ensiklopedi Al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci. Jakarta: Paramadina.

Sabroni, D., et.al. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Poster Comment Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2).

Sugiyono, S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2009). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarjo, T. (2019). Metode Penelitian Sistem 3X Baca. Yogyakarta: Deepublish.

Wandini, R.R. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. Medan: CV Widya Puspita.

Wibowo, G.A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-sifat Bangun Datar Melalui Model Example Non Example Pada Siswa Kelas V MIS Al-Qomariyah Wates Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Published
2022-04-25
How to Cite
SANTOSA, Sedya; SIREGAR, Septi Lastri. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI MIS ISLAMIYAH SUNGGAL. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 120-134, apr. 2022. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/1666>. Date accessed: 19 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i1.1666.
Section
Articles