@article{cermin_unars, author = {Sedya Santosa and Septi Siregar}, title = { PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI MIS ISLAMIYAH SUNGGAL}, journal = {CERMIN: Jurnal Penelitian}, volume = {6}, number = {1}, year = {2022}, keywords = {}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar matematika siswa kelas VI dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional (2) Hasil belajar matematika siswa kelas VI dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MIS Islamiyah Sunggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, serta teknik analisis data dengan menggunakan analisis inferensial (uji normalitas, uji wilcoxon, dan uji Mann-Whitney). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 57 siswa, yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Konvensional sebesar 75,92593. (2) Hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Example Non Example memperoleh sebesar 84,8333. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI di MIS Islamiyah Sunggal. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney yaitu Zhitung sebesar 2,142 dengan nilai Sig. 0,0032. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari = 0,05 sehingga Ha diterima. Simpulan dalam penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional.}, issn = {2615-3238}, pages = {120--134}, doi = {10.36841/cermin_unars.v6i1.1666}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/1666} }