PERAN KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PELAYANAN DALAM MEMBANGUN KEPUASAN KONSUMEN PADA BISNIS ONLINE PISANG SELIMUT SITUBONDO
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan pelayanan secara parsial terhadap kepuasan konsumen (2) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen (3) untuk mengetahui diantara kualitas produk, harga dan pelayanan yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah peramaan regresi linier berganda Y = 2,401E-16 + 0,233X1 + 0,205X2 + 0,277X3 + e. Secara parsial kualitas produk berpengaruh positif signifikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,349) > (1,985) atau sig α 0,021 < 0,05, harga menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,092) > (1,985) atau sig α 0,039 < 0,05, pelayanan menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,822) > (1,985) atau sig α 0,006 < 0,05. Secara simultan kualitas produk, harga, dan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai F hitung sebesar 14,485 nilai lebih besar dari F tabel yaitu 2,70 atau F hitung 14,485 > F tabel 2,70. Variabel yang paling berpengaruh dominan dalam penelitian ini adalah pelayanan dengan nilai sebesar 2,822. Nilai R2 dari variabel kualitas produk harga dan pelayanan sebesar 31,6% dan sisanya sebesar 68,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian.
Downloads
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan pelayanan secara parsial terhadap kepuasan konsumen (2) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen (3) untuk mengetahui diantara kualitas produk, harga dan pelayanan yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah peramaan regresi linier berganda Y = 2,401E-16 + 0,233X1 + 0,205X2 + 0,277X3 + e. Secara parsial kualitas produk berpengaruh positif signifikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,349) > (1,985) atau sig α 0,021 < 0,05, harga menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,092) > (1,985) atau sig α 0,039 < 0,05, pelayanan menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,822) > (1,985) atau sig α 0,006 < 0,05. Secara simultan kualitas produk, harga, dan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai F hitung sebesar 14,485 nilai lebih besar dari F tabel yaitu 2,70 atau F hitung 14,485 > F tabel 2,70. Variabel yang paling berpengaruh dominan dalam penelitian ini adalah pelayanan dengan nilai sebesar 2,822. Nilai R2 dari variabel kualitas produk harga dan pelayanan sebesar 31,6% dan sisanya sebesar 68,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian.
References
Ardhana, Oldy. 2012. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Bengkel Caesar Semarang)”. Diterbitkan. Skripsi. Semarang. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
Ayu Permatasary, Dyah. 2014. “Pengaruh Harga, Produk, Kualitas Layanan Dan Tempat Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Rumah Makan Pecel Madiun Laris Manis Jebres Surakarta”. Diterbitkan. Skripsi. Surakarta. Universitas Muhammadiyah.
Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). Semarang: Universitas Diponegoro.
Hasibuan, S. P. 2012. Manajemen, Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: Edisi T. Revisi PT. Bumi Aksara.
Hurriyati, Ratih 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Kotler, P. & Amstrong G. 2012. Prinsipprinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Lupyoadi, R dan Hamdani, A. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.
Riduwan dan Kuncoro, A. E. 2017. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis. Bandung: Alfabeta
Riyanti. 2015. “Pengaruh Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Martabak Kirana di Kabupaten Sleman”. Diterbitkan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta.
Sanusi, A. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat. Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alabeta. Tjiptono, F. 2014.
Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta: Cetakan Andi.
Umar, H. 2010. Riset Pemasaran dan Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Widarjono, A. 2010. Analisis Statistika Multivariant Terapan. Edisi pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Wulandari Nur. 2013. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Kopikita Semarang). Diterbitkan. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas di Ponegoro Semarang.