LOGIKA MATEMATIKA (Konsep Dasar Logika Matematika)

  • Adam Maulana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Zafira Az Zahra Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Chorry Novita Harianja Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurhaswindah Nurhaswindah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Logika matematika merupakan cabang penting dalam matematika yang memerlukan pemahaman konsep yang mendalam agar dapat diaplikasikan dalam berbagai masalah matematis. Salah satu metode yang terbukti efektif dalam mengajarkannya adalah model pembelajaran kooperatif, yang memiliki karakteristik seperti saling ketergantungan positif (positive interdependence), interaksi langsung antar siswa (face-to-face interaction), tanggung jawab individu dan kelompok (individual & group accountability), keterampilan interpersonal dan kelompok kecil (interpersonal & small-group skills), serta proses kerja kelompok (group processing). Dengan ketergantungan positif, setiap siswa saling bergantung untuk mencapai tujuan bersama, yang menciptakan suasana kolaboratif. Interaksi langsung memungkinkan siswa untuk berdiskusi dan saling memberi umpan balik, sementara tanggung jawab individu dan kelompok mendorong partisipasi aktif. Keterampilan interpersonal yang diperoleh juga sangat bermanfaat dalam kehidupan sosial, dan proses kerja kelompok membantu siswa merefleksikan dan meningkatkan efektivitas kerja mereka. Secara keseluruhan, model pembelajaran kooperatif sangat efektif dalam membantu siswa memahami materi logika matematika dengan cepat dan mudah, sambil mengembangkan keterampilan sosial dan akademik yang penting.

References

Jong, J. S. (2014). Logika Matematika: Soal dan Penyelesaian Logika, Himpunan, Relasi, Fungsi. Penerbit Andi.
Marzuki, M. (2023b). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa materi ekosistem di Kelas XA Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22269–22280.
Marzuki, M. (2023c). Pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan manusia di Kelas XI IPA B SMA Immanuel Sintang: The effect of using video media on learning outcomes in human digestive system material in class XI IPA B SMA Immanuel Sin. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 156–163.
Marzuki, M., & Bayer, M. (2023). Penerapan metode resitasi pada materi sistem pernapasan dalam kondisi COVID-19 di kelas VIII SMP Negeri 6 Belitang Hulu. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 14–24.
Nafi’an, M. I., Gufron, M., & Afifah, D. S. N. (2019). Pelatihan penyusunan soal matematika berbasis literasi dan pendampingan praktek evaluasi untuk meningkatkan kompetensi guru SMP di Kabupaten Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(2), 80–85.
Narendra, R., & Swastika, G. (2023). Sekapur sirih teori graf di SMK Islam Kanigoro Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 5(2).
Rahmad, I. N., Ayuningrum, S., Azizah, F. N., Azra, Q. A., & Marcella, Z. T. (2024). Penguatan pembelajaran berbasis literasi dan numerasi. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 10–17.
Soesianto, F., & Dwijono, D. (2006). Logika Matematika untuk Ilmu Komputer. Penerbit Andi.
Soesianto, F., & Dwijono, D. (2003). Logika Proposisional. Penerbit Andi.
Rahmawati, M. S. (2022). Workshop GeoGebra dalam penerapan model pembelajaran sinektik dan metode discovery learning. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 252–259.
Kompas.com. (2022, March 24). Logika Matematika: Pengertian dan Jenis-Jenisnya. Retrieved from https://amp.kompas.com/skola/read/2022/03/24/113458169/logika-matematika-pengertian-dan-jenis-jenisnya
Scribd. (n.d.). Penerapan Logika Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari. Retrieved from https://id.scribd.com/document/603494585/PENERAPAN-LOGIKA-MATEMATIKA-DALAM-KEHIDUPAN-SEHARI
IAIN Ternate. (n.d.). Foramadiahi: Artikel Pembelajaran Logika Matematika. Retrieved from https://journal.iain-ternate.ac.id/index.php/foramadiahi/article/download/53/47
Universitas Suryadarma. (n.d.). Logika Matematika. Retrieved from http://eprints.universitassuryadarma.ac.id/1409/1/Logika%20MTK.pdf
SPADA UNS. (n.d.). Tugas Proyek 1_Kelompok 2. Retrieved from https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/622432/mod_forum/attachment/587742/Tugas%20Proyek%201_Kelompok%202.pdf?forcedownload=1
Published
2025-02-02
How to Cite
MAULANA, Adam et al. LOGIKA MATEMATIKA (Konsep Dasar Logika Matematika). CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 38-45, feb. 2025. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/6089>. Date accessed: 27 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v4i1.6089.