MANAJEMEN KEBIJAKAN PENGAWAS SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

  • Liza Novelia Universitas Adzkia
  • Alfroki Marta Universitas Adzkia

Abstract

Manajemen kebijakan pengawasan di sekolah dasar memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Pengawas sekolah dasar bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kebijakan pendidikan yang diterapkan di sekolah berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Pengawasan yang efektif tidak hanya mencakup evaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum, tetapi juga terhadap tata kelola administrasi, pengembangan profesionalisme guru, serta pemantauan terhadap perkembangan peserta didik. Namun, meskipun pengawasan memiliki peran strategis, banyak tantangan yang dihadapi oleh pengawas dalam menjalankan tugasnya. Misalnya, kurangnya sumber daya manusia yang memadai, minimnya pelatihan dan pembinaan yang berkelanjutan, serta masalah komunikasi antara pengawas, guru, dan kepala sekolah. Hal ini berimplikasi pada kualitas pendidikan yang tidak optimal di beberapa sekolah dasar. Oleh karena itu, diperlukan manajemen kebijakan yang lebih sistematis dan terstruktur agar pengawasan dapat berjalan dengan efektif dan berdampak positif terhadap kualitas pendidikan di sekolah dasar.

References

Depdiknas. (2020). Pedoman Pengawasan Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hamid, M. (2019). Peningkatan Profesionalisme Pengawas Sekolah di Era Digital. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa, E. (2023). Manajemen Sekolah yang Efektif dan Berkualitas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. (2022). Manajemen Pendidikan di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Karya Cipta.
Suryani, E. (2021). Pengawasan Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Published
2025-01-31
How to Cite
NOVELIA, Liza; MARTA, Alfroki. MANAJEMEN KEBIJAKAN PENGAWAS SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 12-16, jan. 2025. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/6086>. Date accessed: 28 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v4i1.6086.