PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS V SDN 12 PINTUSONA KECAMATAN PANGURURAN T.A 2024/2025

  • Exsa Lanty Sri Rejeki Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Irsan Irsan Universitas Negeri Medan
  • Nurmayani Nurmayani Universitas Negeri Medan
  • Robenhart Tamba Universitas Negeri Medan
  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran puzzle yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran Matematika khususnya pada materi Operasi Hitung Bilangan Bulat pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Hal ini berlandaskan dari permasalahan yang telah diperoleh dari hasil observasi dan wawancara awal yang dilakukan sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas dan siswa kelas V SDN 12 Pintusona. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah media pembelajaran puzzle untuk pembelajaran Matematika khusunya pada materi operasi hitung bilangan bulat. Teknik pengumpulan data yyang digunakan yakni observasi, wawancara, tes, dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara guru, angket validasi materi, angket validasi media, dan praktisi pendidikan, serta soal posttest dan pretest. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil validasi oleh validator ahli materi memperoleh hasil persentase rata-rata “92,6“ dengan kategori “sangat layak”, sedangkan hasil validasi oleh validator ahli desain media memperoleh hasil persentase rata-rata “95“ dengan kategori “sangat praktis”. Uji keefektifan media dapat diketahui setelah menggunakan media yang dikembangkan, nilai rata-rata siswa meningkat dari semula nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan media yaitu “60“ dengan kategori “cukup praktis “ meningkat menjadi “95“ dengan kategori “sangat praktis“ setelah menggunakan media.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran puzzle yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran Matematika khususnya pada materi Operasi Hitung Bilangan Bulat pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Hal ini berlandaskan dari permasalahan yang telah diperoleh dari hasil observasi dan wawancara awal yang dilakukan sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas dan siswa kelas V SDN 12 Pintusona. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah media pembelajaran puzzle untuk pembelajaran Matematika khusunya pada materi operasi hitung bilangan bulat. Teknik pengumpulan data yyang digunakan yakni observasi, wawancara, tes, dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara guru, angket validasi materi, angket validasi media, dan praktisi pendidikan, serta soal posttest dan pretest. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil validasi oleh validator ahli materi memperoleh hasil persentase rata-rata “92,6“ dengan kategori “sangat layak”, sedangkan hasil validasi oleh validator ahli desain media memperoleh hasil persentase rata-rata “95“ dengan kategori “sangat praktis”. Uji keefektifan media dapat diketahui setelah menggunakan media yang dikembangkan, nilai rata-rata siswa meningkat dari semula nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan media yaitu “60“ dengan kategori “cukup praktis “ meningkat menjadi “95“ dengan kategori “sangat praktis“ setelah menggunakan media.

References

Agustin, A. (2020). Penggunaan Alat Peraga Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II MI Muhammadiyah
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Jurnal Forum Pedagogik.Volume VI (1). 6-12.
Amir. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Batu Sampang: Literasi Nusantara.
Arikonto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Bagi Mahasiswa PGSD UNIMED. ESJ : Elementary School Journal.
Daryanto. (2019). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Depdiknas. (2017). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional.Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
Dimyati dan Mudjiono. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Fathurrohman, P. dan Sutikno. S. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.
Fatmawati, E (2016) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) pada Kelas IV MI Kawengen 01 Kecamatan Ungaran Timur Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017.Salatiga: IAIN Salatiga.
Ginting Masta, dkk. (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Metode Numvered Heads Together (NHT) Pada Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 0266009 Binjai. Universitas Negeri Medan.
Hamdani. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia
Hamid, H. (2018) Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Hardini, I. dan Puspitasari, D. (2019). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep dan Implementasi).Yogyakarta: Familia.
Haryati, Sri. (2012). Research and Development (RnD) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan.FKIP-UTM.
Indriati, L. (2020). Pengembangan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 7 Subtema 1 Siswa Kelas 1 SD Negeri Mataram
Kusnadi, C (2016). Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Kurniasih, Eem. (2019). Media Digital Pada Anak Usia Dini.Universitas Terbuka: Jurnal Kreatif.
Mailani, dkk (2019). Pengembangan Media Berbasis Interactive Audio Interaction(IAI).
Nurmayani, dkk. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Complete Sentence Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD/MIS MADRISATUL IKBAR Tembung. SEJ (School Education Journal): Universitas Negeri Medan.
Rahman, A. (2018), Strategi Belajar Mengajar Matematika. Banda aceh: Syiah Kuala University Press.
Suryani, dkk. (2019). Media Pembelajaran Inovatif dan pengembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2019) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif Dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Suwardi, dkk. (2017). Manajemen Peserta Didik. Gava Media. Tahun Pelajaran 2019/2020. (Skripsi). Universitas Mumammadiyah Malang, Nusa Tenggara Barat.
Tulusrejo. (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Metro. Lampung.
Yamin, M. (2017), Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gp. Press.
Zulfa, U. (2019). Modul Teknik Kilat Penyusunan Proposal Skripsi. Cilacap: Ihya Media.
Published
2024-08-30
How to Cite
REJEKI SINAGA, Exsa Lanty Sri et al. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS V SDN 12 PINTUSONA KECAMATAN PANGURURAN T.A 2024/2025. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 77-89, aug. 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/5347>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i3.5347.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.