ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 2 SDN 1 PATEMON, KECAMATAN JATIBANTENG KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Pada penelitian ini sini peneliti ingin menggunakan model talking stick pada pembelajaran matematika untuk menganalisis sebagaimana bergunakah model ini untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas 2. Sebelumnya terkait model-model pembelajaran di SDN 1 Patemon. Peneliti sendiri telah mengobservasi bahwasanya kurangnya model -model pembelajaran yang di terapkan di sekolah ini, bahkan media pembelajaran bisa dibilang sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah Analisis Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas 2 SDN 1 Patemon, Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti memahami dan menghayati “Analisis Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas 2 SDN 1 Patemon, Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022-2023” Penelitian ini menggunakan guru kelas 2 dan siswa kelas 2 sebagai sumber data utama yang hasil penelitiannya berupa kata-kata atau pernyataan yang sesuai dengan keadaan sebenarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model analisis yang telah dilakukan sudah membuktikan bahwasanya hasil belajar siswa banyak perubahan yang sudah terbukti dengan dilakukannya penelitian. Siswa sangat tertarik dengan model yang digunakan dalam penelitian, siswa juga sangat aktif dalam kegiatan KBM dan siswa juga sangat antusias dengan pembelajaran yang dilakukan.
Abstract
Pada penelitian ini sini peneliti ingin menggunakan model talking stick pada pembelajaran matematika untuk menganalisis sebagaimana bergunakah model ini untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas 2. Sebelumnya terkait model-model pembelajaran di SDN 1 Patemon. Peneliti sendiri telah mengobservasi bahwasanya kurangnya model -model pembelajaran yang di terapkan di sekolah ini, bahkan media pembelajaran bisa dibilang sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah Analisis Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas 2 SDN 1 Patemon, Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti memahami dan menghayati “Analisis Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas 2 SDN 1 Patemon, Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022-2023” Penelitian ini menggunakan guru kelas 2 dan siswa kelas 2 sebagai sumber data utama yang hasil penelitiannya berupa kata-kata atau pernyataan yang sesuai dengan keadaan sebenarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model analisis yang telah dilakukan sudah membuktikan bahwasanya hasil belajar siswa banyak perubahan yang sudah terbukti dengan dilakukannya penelitian. Siswa sangat tertarik dengan model yang digunakan dalam penelitian, siswa juga sangat aktif dalam kegiatan KBM dan siswa juga sangat antusias dengan pembelajaran yang dilakukan.
References
Edi, F.R. S. (2016). teori wawancara Pekcagnostik .Penerbit LeutikaPa
Kertati, Indra, dkk. 2023. Model & metode pembelajaran inovatif era digital. Kota Jambi. Son pedia publishing Indonesia
Kurniawan Andri, dkk. 2022. Model Pemb4lajaran Inovatif II. Sumatra barat. Global eksekutif teknologi
Mayaningrum, endang. 2020. Arisan di kelas? Boleh nggak sih?. Publisher in Indonesia.
Mutmainah, Siti, dan acnor rofek (2022) Model-Model Pembelajaran. Malang Penerbit CV. Literasi Nusantara. Abadi. Hal 3
Mutmainah, Siti, dan acnor rofek (2022) Model-Model Pembelajaran. Malang: Penerbit CV. Literasi Nusantara Abadi Hal. 28
Mutmainah, Siti, dan aenor rofek. (2022) Model-Model Pembelajaran. Malang Penerbit CV. Literasi Nusantara Abadi. Hal. 4)
Mutmainah, Siti, dan aenor rofek. (2022). Model-Model Pembelajaran. Malang Penerbit CV. Literasi Nusantara Abadi. Hal. 5
Nazir, M. (1988), Metode Penelitian : Jakarta Ghalia Indonesia
Oktavia, shilpy a. 2020. Model model pembelajaran. Sleman CV Budi utama.
Ramadhan, Tarmizi. 2010. Talking Stick. (Online), (http://tarmizi.wordpress.com), diakses 28 Agustus 2023.
Rjall A (2019). Analisis date kualitatif Alhadharan: Jurnal Dakwah 1733), 81-95
Samsiyah, N. & Rudyanto, H. E (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open Ender Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar PEDAGOGIA Jurnal Pendidikan 411.23 33
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suprianingsih, N. W. S. & Wulandari, G. A A (2020) Model Problem Posing Borbantuan Media Question Box Berpengarah Tamadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa SD Mimbar 25(3), 308-318
Taufik, Imam. (2016). Analisis membaca pemahaman pada siswa kelas 5 di SD Islam Al abror Kecamatan Situbondo kabupaten Situbondo. Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83- 91