PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 8 CURAHTATAL

  • Adi Purnomo Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Dodik Eko Yulianto Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Heldie Bramantha Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

(STAD) merupakan salah satu model dalam pembelajaran  kooperatif  yang sederhana dan baik untuk guru yang baru mulai menggunakan model kooperatif dalam kelas. Model  pembelajaran  kooperatif  tipe  Student  Teams Achievement  Divisions (STAD) di harapkan mampu memotivasi untuk lebih aktif dalam pembelajaran serta meningkatkan interaksi dengan teman, guru, serta masyarakat yang ada disekitar. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative tipe student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. .Penerapan model pembelajaran  kooperatif  tipe  STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 8 Curahtatal pada pokok bahasan panas dan perpindahannya. Pada siklus I hasil  belajar  siswa  secara  klasikal  sebesar  50% dengan ketuntasannya sebesar 50% (tidak tuntas) dan pada siklus II hasil belajarnya sebesar 70% dengan ketuntasannya sebesar 70% (tuntas) sehingga  mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 25% dan ketuntasannya meningkat sebesar 25%

Abstract

(STAD) merupakan salah satu model dalam pembelajaran  kooperatif  yang sederhana dan baik untuk guru yang baru mulai menggunakan model kooperatif dalam kelas. Model  pembelajaran  kooperatif  tipe  Student  Teams Achievement  Divisions (STAD) di harapkan mampu memotivasi untuk lebih aktif dalam pembelajaran serta meningkatkan interaksi dengan teman, guru, serta masyarakat yang ada disekitar. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative tipe student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. .Penerapan model pembelajaran  kooperatif  tipe  STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 8 Curahtatal pada pokok bahasan panas dan perpindahannya. Pada siklus I hasil  belajar  siswa  secara  klasikal  sebesar  50% dengan ketuntasannya sebesar 50% (tidak tuntas) dan pada siklus II hasil belajarnya sebesar 70% dengan ketuntasannya sebesar 70% (tuntas) sehingga  mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 25% dan ketuntasannya meningkat sebesar 25%

References

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta : PT. BumiAksara. Hamalik,Oemar.2015. Proses belajar mengajar.Jakarta :PT.Bumi Aksara.
Latipah, Eva. 2010. Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. www.google.co.id.google.cindekia. Self regulated learning.
Sulilawati, Made Ni. Dantes, Nyoman.2013. Pengaruh Model Pembelajaran STAD.
Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha. www.google.co.id.google.cindekia. Cooperatife leraning.
Susanti, Iran. Sohibun.2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
terhadap Hasil Belajar Kognitif. Riau : Universitas Pasir Pengaraian.
Susanto, 2012. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Leason study dengan kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003.Undang-Undang Sistem
Pendidikan Nasional.Bidang DikBud KBRI Tokyo.
Wulandari, Erma.Sukirno. 2012. Penerapan Model Cooperative Learning tipe STAD dalam Peningkatan Aktivitas belajar. www.google.co.id.googlescolar. Cooperative Learning. Diakses pada Jum’at 23 Maret 2018.
Yuliantoro, Agus. 2015. Penelitian Tindakan kelas dengan metode mutakhir. Yogyakarta : ANDI.
Published
2024-06-05
How to Cite
PURNOMO, Adi; YULIANTO, Dodik Eko; BRAMANTHA, Heldie. PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 8 CURAHTATAL. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 99-112, june 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/4500>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i2.4500.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.