ANALISIS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN EDUKATIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG SIKLUS AIR PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 1 ALASMALANG TAHUN AJARAN 2022/2023

  • Nayyirotul Tadz Qiro Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Amalia Risqi Pupitaningtyas Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Aenor Rofek Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Pembelajaran yang tidak hanya terfokus pada siswa tetapi juga pada pola pikir terhadap pembelajaran.
Salah satu faktor pendukung upaya efektif dan efisien dalam pembelajaran adalah penggunaan alat peraga.
Penggunaan video pembelajaran edukatif dapat membantu siswa menerima materi pembelajaran dengan mudah dan akan dijelaskan lebih lanjut dalam penggunaan video pembelajaran edukatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis terkait penggunaan video pembelajaran edukasi dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang siklus air pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 1 Alasmalang tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan video pembelajaran edukasi kelas 4 pada materi siklus air mendapat respon yang baik karena memudahkan siswa dalam memahami materi dan juga memudahkan guru dalam mempersiapkan materi pembelajaran.
Siswa dapat aktif saat pembelajaran karena pemahamannya cukup untuk mampu menjawab pertanyaan dan pertanyaan yang diberikan guru.

.

Abstract

Pembelajaran yang tidak hanya terfokus pada siswa tetapi juga pada pola pikir terhadap pembelajaran.
Salah satu faktor pendukung upaya efektif dan efisien dalam pembelajaran adalah penggunaan alat peraga.
Penggunaan video pembelajaran edukatif dapat membantu siswa menerima materi pembelajaran dengan mudah dan akan dijelaskan lebih lanjut dalam penggunaan video pembelajaran edukatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis terkait penggunaan video pembelajaran edukasi dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang siklus air pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 1 Alasmalang tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan video pembelajaran edukasi kelas 4 pada materi siklus air mendapat respon yang baik karena memudahkan siswa dalam memahami materi dan juga memudahkan guru dalam mempersiapkan materi pembelajaran.
Siswa dapat aktif saat pembelajaran karena pemahamannya cukup untuk mampu menjawab pertanyaan dan pertanyaan yang diberikan guru.

.

References

Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Khairani, M., Sutisna, & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158–166.
Krisna Bayu, I. M., & Citra Wibawa, I. M. (2021). Belajar Siklus Air Melalui Video Demonstrasi dengan Media Konret. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 248. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34990
Puspitaningtyas, A. R. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pesawat Sederhana Melalui Metode Group Investigation Dengan Bantuan Mendia Nyata Pada Siswa Kelas V Semester II SDN V Arjasa Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 3(1), 20–31.
Rofek, A. (n.d.). Motivasi Berprestasi(Studi Deskriptif Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Wringin Anom Situbondo). Jurnal IKA : Ikatan Alumi PGSD UNARS, 23–38.
Published
2024-06-05
How to Cite
TADZ QIRO, Nayyirotul; PUPITANINGTYAS, Amalia Risqi; ROFEK, Aenor. ANALISIS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN EDUKATIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG SIKLUS AIR PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 1 ALASMALANG TAHUN AJARAN 2022/2023. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 89-98, june 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/4499>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i2.4499.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.