MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI LESSON STUDY

  • Sulistiyani Sulistiyani STKIP Bina Insan Mandiri
  • Indahria Tri Hariyani STKIP Bina Insan Mandiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen pembelajaran kemampuan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris melalui lesson study. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa pada SMK PGRI 7. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) berbasis Lesson Study dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Temuan penelitian ini ialah penerapan Lesson Study memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan siswa pada pada SMK PGRI 7. Peningkatan kemampuan belajar ini berdampak pada motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen pembelajaran kemampuan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris melalui lesson study. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa pada SMK PGRI 7. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) berbasis Lesson Study dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Temuan penelitian ini ialah penerapan Lesson Study memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan siswa pada pada SMK PGRI 7. Peningkatan kemampuan belajar ini berdampak pada motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris.

References

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Kesumawati, N. (2015). Teori Belajar Bermakna dari David Ausubel. Jurnal Dosen Universitas PGRI.
Moleong. (2017). Moleong. Fenomena Penelitian, Bab iii me(April 2021).
Muamanah, H., & . S. (2020). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1329
Mutiani, M., Warmansyah Abbas, E., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(2). https://doi.org/10.17509/historia.v3i2.23440
Prabowo, S. (2012). TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Sosial Humaniora, 5(1). https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i1.624
Pratama, D., Susanto, H. A., & Exacta, A. P. (2020). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR. ABSIS: Mathematics Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.32585/absis.v1i2.571
Purwanti, E., & Puspitasari, E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Lesson Study. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.21.463
Purwasih, J. H. G., & Perguna, L. A. (2018). MENGENALKAN LESSON STUDY MELALUI PELATIHAN GURU DI LINGKUNGAN MADRASAH ALIYAH KABUPATEN MALANG. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p80-86
Rahmah, N. (2018). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.54
Safari, I. (2016). Pengembangan Model Pembinaan Profesionalisasi Guru Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Melalui Lesson Study Berbasis Kelompok Kerja Guru. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1). https://doi.org/10.17509/eh.v3i1.2798
Sugiyono. (2018). Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif.
Sugiyono. (2019). Sugiyono (2019. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1).
Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206
Sundawan, M, D. (2016). Perbedaan Model Pembelajaran Konstruktivisme Dan Model Pembelajaran Langsung. Jurnal Logika, XVI(1).
Published
2024-05-31
How to Cite
SULISTIYANI, Sulistiyani; HARIYANI, Indahria Tri. MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI LESSON STUDY. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 67-76, may 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/4477>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i2.4477.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.