EVALUASI EFEKTIVITAS PEOGRAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJAJRAN DI SEKOLAH KREATIF SD MUHAMMADIYAH 20 SURABAYA
Abstract
Artikel ini menguraikan pentingnya kurikulum dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan membentuk negara yang cerdas. Kurikulum tidak hanya berfungsi sebagai pedoman dalam pendidikan, tetapi juga menjadi dasar dalam proses pembelajaran di semua tingkatan pendidikan. Sistem pendidikan di Indonesia telah mengalami berbagai perubahan dan penyempurnaan, termasuk peluncuran Kurikulum 2013 dan revisinya pada tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Studi dilakukan di SD Muhammadiyah 20 yang mengimplementasikan kurikulum merdeka sebagai fokus penelitian. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru serta analisis dokumen terkait kurikulum merdeka. Wawancara mendalam dilakukan dengan guru yang terlibat dalam pengembangan dan pelaksanaan kurikulum merdeka, serta siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan tersebut. Program Merdeka Belajar, yang menekankan kebebasan dan pemikiran kreatif, memperkenalkan program sekolah penggerak untuk menciptakan generasi pembelajar sepanjang hayat. Pentingnya peran guru sebagai penggerak dalam keberhasilan program ini juga ditekankan. Kurikulum Merdeka menawarkan variasi kegiatan belajar mengajar yang beragam untuk mengembangkan potensi peserta didik, dengan fokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi.
Abstract
Artikel ini menguraikan pentingnya kurikulum dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan membentuk negara yang cerdas. Kurikulum tidak hanya berfungsi sebagai pedoman dalam pendidikan, tetapi juga menjadi dasar dalam proses pembelajaran di semua tingkatan pendidikan. Sistem pendidikan di Indonesia telah mengalami berbagai perubahan dan penyempurnaan, termasuk peluncuran Kurikulum 2013 dan revisinya pada tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Studi dilakukan di SD Muhammadiyah 20 yang mengimplementasikan kurikulum merdeka sebagai fokus penelitian. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru serta analisis dokumen terkait kurikulum merdeka. Wawancara mendalam dilakukan dengan guru yang terlibat dalam pengembangan dan pelaksanaan kurikulum merdeka, serta siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan tersebut. Program Merdeka Belajar, yang menekankan kebebasan dan pemikiran kreatif, memperkenalkan program sekolah penggerak untuk menciptakan generasi pembelajar sepanjang hayat. Pentingnya peran guru sebagai penggerak dalam keberhasilan program ini juga ditekankan. Kurikulum Merdeka menawarkan variasi kegiatan belajar mengajar yang beragam untuk mengembangkan potensi peserta didik, dengan fokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi.
References
Arofah, E. F. (2021). Evaluasi Kurikulum Pendidikan. 5(2), 218–229.
L Idrus. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1.
Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 2, 920–935.
Mariatul Hikmah. (2022). Makna Kurikulum Dalam Perspektif Pendidikan. Al- Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 15(1), 458–463. https://doi.org/10.55558/alihda.v15i1.36
Mayasari, I., Rahmania, T., Cempaka, G., Subagjo, A., & Driarkoro, R. (2022).
Monitoring Dan Evaluasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Sebagai Peningkatan Kualitas Pendidikan di Tingkat Fakultas: Studi Pada Universitas Paramadina. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.51353/jmbm.v4i1.577
Muhartono, D. S., Wahyuni, S., Umiyati, S., Azhar, A. W., & Puspaningrum, I. I. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar Evaluation of The Implementation of The Merdeka Belajar Curriculum Policy in Order to Improve Learning Outcomes. Publiciana, 16(1), 1–12. https://doi.org/10.36563/p
Nur’Aliimu Bagus; Mustafa Triono Ali. (2023). Belajar Siswa Di Smp Muhammadiyah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 133–139.
Pendidikan, P., Islam, A., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2024). MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 2 MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 2.
Qurniawati, D. R. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar.
Conference of Elementary Studies, 195–203.
Sari, F., & Pujiastuti, H. (2019). Evaluasi Efektifitas Kurikulum Inklusi Dan Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Partisipasi Dan Prestasi Siswa Dengan Kebutuhan Khusus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2.
Syarifudin, A., Dhewy, R. C., & Agustina, E. N. S. (2021). Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.155
Dewi Nur’aini, R. (2020). PENERAPAN METODE STUDI KASUS YIN DALAM PENELITIAN ARSITEKTUR DAN PERILAKU. In 92 INERSIA (Vol. 1).
MAMIK. (2015). METODOLOGI KUALITATIF (S. M. K. Dr. M. Choiroel Anwar, Ed.).
Zainuri, A., Sumarto, M., Pd, I., Tvri, J. P., Malaya, T., Kabupaten, U., Lebong, R., & Bengkulu, P. (2023). MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA Penerbit
Buku Literasiologi Alamat Penerbit (cetakan pertama). www:http://literasikitaindonesia.com