PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS III SD NEGERI 13 LOLONG

  • Letri Santia Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Yona Syaida Oktira Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan yaitu media pembelajaran yang digunakan pendidik kurang bervariasi, sehingga siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran, pada saat proses pembelajaran pendidik tidak ada menggunakan model pembelajaran yang jelas, media powerpoint yang diterapkan masih membuat siswa bosan dan guru hanya fokus pada beberapa siswa saja atau bersifat satu arah. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mengembangkan media powerpoint interaktif pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian R & D ( Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, analisis (analysis), desain (design ), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas media powerpoint interaktif pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil validasi dari semua validator menunjukkan kualitas sangat baik yaitu dari validator ahli materi dengan skor rata-rata 93,3% dengan kriteria sangat valid, sedangkan validator ahli bahasa diperoleh nilai rata-rata 94,2% dengan kriteria sangat valid dan penilaian ahli design diperoleh nilai rata-rata 89,3% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan masukan dan saran dari validator maka dilakukan beberapa revisi berkaitan hal tersebut, sehingga didapatkan penyajian media pembelajaran berbentuk powerpoint interaktif yang sangat valid. Hasil praktikalitas dari pendidik skor rata-rata 84,4% kriteria sangat praktis dari peserta didik skor rata-rata 88,7% dengan kriteria sangat praktis. Hasil efektivitas peserta didik skor rata-rata 90%  dengan kriteria sangat efektif.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan yaitu media pembelajaran yang digunakan pendidik kurang bervariasi, sehingga siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran, pada saat proses pembelajaran pendidik tidak ada menggunakan model pembelajaran yang jelas, media powerpoint yang diterapkan masih membuat siswa bosan dan guru hanya fokus pada beberapa siswa saja atau bersifat satu arah. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mengembangkan media powerpoint interaktif pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian R & D ( Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, analisis (analysis), desain (design ), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas media powerpoint interaktif pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil validasi dari semua validator menunjukkan kualitas sangat baik yaitu dari validator ahli materi dengan skor rata-rata 93,3% dengan kriteria sangat valid, sedangkan validator ahli bahasa diperoleh nilai rata-rata 94,2% dengan kriteria sangat valid dan penilaian ahli design diperoleh nilai rata-rata 89,3% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan masukan dan saran dari validator maka dilakukan beberapa revisi berkaitan hal tersebut, sehingga didapatkan penyajian media pembelajaran berbentuk powerpoint interaktif yang sangat valid. Hasil praktikalitas dari pendidik skor rata-rata 84,4% kriteria sangat praktis dari peserta didik skor rata-rata 88,7% dengan kriteria sangat praktis. Hasil efektivitas peserta didik skor rata-rata 90%  dengan kriteria sangat efektif.

References

Aristanto, A., Maq, M. M., Iqbal, M., Prananda, G., & Efrina, G. (2024). NEW LEARNING PARADIGM THROUGH KURIKULUM MERDEKA IN PRIMARY SCHOOLS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5398-5408.
Dahlan, U. A. (2022). Teknologi pendidikan sebagai jembatan reformasi pembelajaran di indonesia lebih maju. 2(1), 52–61.
Eska, J., Hidayatullah, & Hambali. (2021). Pelatihan microsoft powerpoint untuk siswa sd. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(2), 134–140.
Maharani, I., Efendi, N., Rokif, I., Putriah, N., & Prananda, G. (2023). The Problems of Broken Home toward Students' Mental and Achievement at Grade IV SDN 23 Lolong Padang Utara, Padang City. TOFEDU: The Future of Education Journal, 2(2), 449-455.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Selatan, J. R., Yogyakarta, D. I., Selatan, J. R., Yogyakarta, D., Wafiq, M., & Ahmad, U. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia
Pendidikan. 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al- mutharahah.v18i2.303
Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. JURNAL IKA, 8 (2), 304–314.
Prananda, G. (2022). Fenomena Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 2725-2729.
Nafisah, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Pada Materi Gaya Dan Gerak Di Kelas IV SDN Tanjung Jati 1. Research Journal, 9(1), 1–14. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/vmgfr
Published
2024-05-24
How to Cite
SANTIA, Letri; OKTIRA, Yona Syaida. PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS III SD NEGERI 13 LOLONG. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 30-37, may 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/4381>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i2.4381.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.