PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 4 GUGUS 03 KECAMATAN MANGARAN SITUBONDO

  • Nurul Firdayanti Arifin Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Amalia Risqi Puspitaningtyas Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Dodik Eko Yulianto Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitiani inii bertujuani untuk menguji Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasili Belajari IPA Siswai Kelasi 4 Gugus 03 Kecamatan Mangaran Situbondo. Metode Penelitiani yangi digunakani dalami skripsii inii menggunakani metodei Quasi eksperiment itipe nonequevailent posstest only control group.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruhimodel pembelajarani Word Square untukimeningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 gugus 03 kecamatan mangaran situbondo. Hasil analisisiterhadap dataipenelitian menjawabihipotesis penelitian. Hal tersebut dibuktikanipada hasil ujiiIndependent SampleiTest padaiuji hipotesisiuji t diperolehinilai Equalivariances assumed, pada kolom sig. (2-tailed) menunjukkan hasil belajar siswa adalah sebesar sebesar 0,041 < 0,05, maka Ha diterima. Jadi dapatidisimpulkan bahwaiterdapat pengaruhipenggunaan modelipembelajaran Word Square untuk meningkatkani hasil belajari IPA siswai kelasi 4 gugus 03 Kecamatan Mangaran Situbondo.

Abstract

Penelitiani inii bertujuani untuk menguji Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasili Belajari IPA Siswai Kelasi 4 Gugus 03 Kecamatan Mangaran Situbondo. Metode Penelitiani yangi digunakani dalami skripsii inii menggunakani metodei Quasi eksperiment itipe nonequevailent posstest only control group.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruhimodel pembelajarani Word Square untukimeningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 gugus 03 kecamatan mangaran situbondo. Hasil analisisiterhadap dataipenelitian menjawabihipotesis penelitian. Hal tersebut dibuktikanipada hasil ujiiIndependent SampleiTest padaiuji hipotesisiuji t diperolehinilai Equalivariances assumed, pada kolom sig. (2-tailed) menunjukkan hasil belajar siswa adalah sebesar sebesar 0,041 < 0,05, maka Ha diterima. Jadi dapatidisimpulkan bahwaiterdapat pengaruhipenggunaan modelipembelajaran Word Square untuk meningkatkani hasil belajari IPA siswai kelasi 4 gugus 03 Kecamatan Mangaran Situbondo.

References

Nuritta, T. 2018. PengembanganiMedia Pembelajaraniuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 3(1): 171-187 https://pps.iiq.ac.id/jurnal/index.php/MISYKAT/article/view/52/37
Pratiwi, V., & Hartono, B. (2013). PenerapaniMetode EksperimeniUntuk MeningkatkaniAktivitas BelajariSiswa PadaiMata Pelajaran IpaiKelas V Semester I Sdn 4 BesukiiSitubondo. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 1(1), 35-51. Retrieved from https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/131
Puspitaningtyas, A. (2022). PengaruhiKemampuan BerpikiriKritis TerhadapiHasil BelajariSiswa PadaiMata PelajaraniMatematika Kelasi IV Di SDN 3 AgeliKecamatan JangkariSitubondo Tahuni Pelajarani 2021/2022. JPM : Jurnal Purnama Media, 1(1), 64-71. Retrieved from https://journal.purnamamedia.org/index.php/jpm/article/view/14
Rofek, A., & Zehro, L. (2021). PenerapaniMetode PembelajaraniBuzz GroupiDalam iMeningkatkan Hasili Belajari Siswai Padai Matai Pelajarani Matematikai Kelasi II SD Negerii 2 iSeletreng Kecamatani Kapongani KabupateniSitubondo Tahuni Pelajarani 2018/2019. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 9(1), 54 - 62. Doi:10.36841/Pgsdunars.V9i1.1018
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks Permata Media.
Sinambela M, dkk. 2022.Model-Model Pembelajaran. (n.p.): Sada Kurnia Pustaka.
Sugiyono.2021.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Alfabeta
Published
2024-05-21
How to Cite
ARIFIN, Nurul Firdayanti; PUSPITANINGTYAS, Amalia Risqi; YULIANTO, Dodik Eko. PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 4 GUGUS 03 KECAMATAN MANGARAN SITUBONDO. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 20-29, may 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/4338>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i2.4338.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.