PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 4 GUGUS 03 KECAMATAN MANGARAN SITUBONDO
Abstract
Penelitiani inii bertujuani untuk menguji Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasili Belajari IPA Siswai Kelasi 4 Gugus 03 Kecamatan Mangaran Situbondo. Metode Penelitiani yangi digunakani dalami skripsii inii menggunakani metodei Quasi eksperiment itipe nonequevailent posstest only control group.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruhimodel pembelajarani Word Square untukimeningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 gugus 03 kecamatan mangaran situbondo. Hasil analisisiterhadap dataipenelitian menjawabihipotesis penelitian. Hal tersebut dibuktikanipada hasil ujiiIndependent SampleiTest padaiuji hipotesisiuji t diperolehinilai Equalivariances assumed, pada kolom sig. (2-tailed) menunjukkan hasil belajar siswa adalah sebesar sebesar 0,041 < 0,05, maka Ha diterima. Jadi dapatidisimpulkan bahwaiterdapat pengaruhipenggunaan modelipembelajaran Word Square untuk meningkatkani hasil belajari IPA siswai kelasi 4 gugus 03 Kecamatan Mangaran Situbondo.
Abstract
Penelitiani inii bertujuani untuk menguji Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasili Belajari IPA Siswai Kelasi 4 Gugus 03 Kecamatan Mangaran Situbondo. Metode Penelitiani yangi digunakani dalami skripsii inii menggunakani metodei Quasi eksperiment itipe nonequevailent posstest only control group.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruhimodel pembelajarani Word Square untukimeningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 gugus 03 kecamatan mangaran situbondo. Hasil analisisiterhadap dataipenelitian menjawabihipotesis penelitian. Hal tersebut dibuktikanipada hasil ujiiIndependent SampleiTest padaiuji hipotesisiuji t diperolehinilai Equalivariances assumed, pada kolom sig. (2-tailed) menunjukkan hasil belajar siswa adalah sebesar sebesar 0,041 < 0,05, maka Ha diterima. Jadi dapatidisimpulkan bahwaiterdapat pengaruhipenggunaan modelipembelajaran Word Square untuk meningkatkani hasil belajari IPA siswai kelasi 4 gugus 03 Kecamatan Mangaran Situbondo.
References
Pratiwi, V., & Hartono, B. (2013). PenerapaniMetode EksperimeniUntuk MeningkatkaniAktivitas BelajariSiswa PadaiMata Pelajaran IpaiKelas V Semester I Sdn 4 BesukiiSitubondo. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 1(1), 35-51. Retrieved from https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/131
Puspitaningtyas, A. (2022). PengaruhiKemampuan BerpikiriKritis TerhadapiHasil BelajariSiswa PadaiMata PelajaraniMatematika Kelasi IV Di SDN 3 AgeliKecamatan JangkariSitubondo Tahuni Pelajarani 2021/2022. JPM : Jurnal Purnama Media, 1(1), 64-71. Retrieved from https://journal.purnamamedia.org/index.php/jpm/article/view/14
Rofek, A., & Zehro, L. (2021). PenerapaniMetode PembelajaraniBuzz GroupiDalam iMeningkatkan Hasili Belajari Siswai Padai Matai Pelajarani Matematikai Kelasi II SD Negerii 2 iSeletreng Kecamatani Kapongani KabupateniSitubondo Tahuni Pelajarani 2018/2019. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 9(1), 54 - 62. Doi:10.36841/Pgsdunars.V9i1.1018
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks Permata Media.
Sinambela M, dkk. 2022.Model-Model Pembelajaran. (n.p.): Sada Kurnia Pustaka.
Sugiyono.2021.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Alfabeta