ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 15 LOLONG

  • Linda Yenti Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Gusnita Efrina Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Gingga Prananda Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Teti Indrayani Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat

Abstract

Dalam pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 15 lolong juga di temui beberapa permasalahan dalam hasil belajar siswa, hal ini dilihat dari hasil ulangan harian bahwa ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai setara dengan KKM. Setiap siswa juga sudah diberikan fasilitas belajar seperti diberikan penjelasan materi yang sama dan diberikan buku paket dari sekolah, akan tetapi masih ada sekitar 25% siswa yang masih mendapatkan nilai ulangan harian setara dengan kriteria ketuntasan maksimal (KKM). Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui analisis hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 15 Lolong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi atau kuantitatif yakni mendeskkripsikan atau mengambarkan data yang telah terkumpul. Teknik analisis data  yang nantinya akan peneliti lakukan ialah dengan analisis deskriptif dan iferensial yang menggunakan uji normalitas dan tabel tes of normality, kemudian melakukan uji reliability, setelah 2 hal tersebut di analisis langkah selanjutnya adalah melakukan analisis pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi product of moment. Hasil yakni terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri 15 Lolong. Hal ini dibuktikan dengan  Ӷhitung > Ӷtabel = 5,766 > 4,051 serta diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 15 Lolong

Abstract

Dalam pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 15 lolong juga di temui beberapa permasalahan dalam hasil belajar siswa, hal ini dilihat dari hasil ulangan harian bahwa ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai setara dengan KKM. Setiap siswa juga sudah diberikan fasilitas belajar seperti diberikan penjelasan materi yang sama dan diberikan buku paket dari sekolah, akan tetapi masih ada sekitar 25% siswa yang masih mendapatkan nilai ulangan harian setara dengan kriteria ketuntasan maksimal (KKM). Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui analisis hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 15 Lolong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi atau kuantitatif yakni mendeskkripsikan atau mengambarkan data yang telah terkumpul. Teknik analisis data  yang nantinya akan peneliti lakukan ialah dengan analisis deskriptif dan iferensial yang menggunakan uji normalitas dan tabel tes of normality, kemudian melakukan uji reliability, setelah 2 hal tersebut di analisis langkah selanjutnya adalah melakukan analisis pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi product of moment. Hasil yakni terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri 15 Lolong. Hal ini dibuktikan dengan  Ӷhitung > Ӷtabel = 5,766 > 4,051 serta diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 15 Lolong

References

Diani Ayu Pratiwi, M. P., Lawe, Y. U., Munir, M., Wahab, A., Prananda, G., Safiah, I., ... & Or, S. (2021). Perencanaan pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Guarango, P. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Smpn 2 Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah. Skripsi, 8.5.2017, 2003–2005.
Prananda, G., & Hadiyanto, H. (2019). Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 3(3), 450107.
Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. JURNAL IKA, 8 (2), 304–314.
Pembelajaran, M., & Alam, B. (2020). No Title.
Mariati, M. (2023). Analisis Dampak Media Sosial Tik-Tok Terhadap Rendahnya Hasil Belajar Afektif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 2(1), 38–44. https://doi.org/10.59584/jundikma.v2i1.9
Marini, R. (2019). TikTok Followers As a Parameter of Interest In Learning English Vocabulary for Non-Native English Learner. In Skripsi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Pahlawan, U., Tambusai, T., Perwitasari, D., & Fatayan, A. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling di Sekolah Dasar Islam. 4, 2556–2560.
Sajida, I., Sabila, N., Hayati, M., Maghfiroh, A., Selatan, K., Dakwah, I., Konsumtif, P., Muda, G., & Media, S. (2023). Pengaruh Media Sosial ( Tiktok ) Influencer Dakwah Terhadap Keagamaan Generasi Muda Muslim the Effect of Social Media ( Tiktok ) Dakwah Influencers. 18, 13–22.
Sitanggang, R., & Saragi, D. (2022). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Sopan Santun Peserta Didik Sd Negeri 6 Sideak Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir. 8.
Published
2024-02-28
How to Cite
YENTI, Linda et al. ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 15 LOLONG. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 82-89, feb. 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/4284>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i1.4284.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.