PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV Di SD Negeri 01 Ulak Karang. Penelitian ini dilatar belakangi dalam proses pembelajaran masih dominan mendengarkan penjelasan guru dikelas, mencatat atau meringkas pelajaran, masih kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran pendidikan pancasila dan menyebabkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan Media Audi-Visual pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan bagaimana pengaruhg Media Audio-Visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri 01 Ulak Karang. Penelitian ini adalah Kuantitatif dengan pendekatan non eksperimen kemudialn alat untuk pengumpulan data menggunakan observasi, angket/ kuisioner, soal tes dan dokumentasi, sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 01 Ulak Karang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat dilihat pada t-hitung sebesar 1,077 dan t-tabel 0,396 sehingga dapat disimpulkan bahwa 1,077 > 0,396 serta nilai diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Ha diterima Ho ditolak. Jadi variabel Media Audio-Visual secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV Di SD Negeri 01 Ulak Karang. Penelitian ini dilatar belakangi dalam proses pembelajaran masih dominan mendengarkan penjelasan guru dikelas, mencatat atau meringkas pelajaran, masih kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran pendidikan pancasila dan menyebabkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan Media Audi-Visual pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan bagaimana pengaruhg Media Audio-Visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri 01 Ulak Karang. Penelitian ini adalah Kuantitatif dengan pendekatan non eksperimen kemudialn alat untuk pengumpulan data menggunakan observasi, angket/ kuisioner, soal tes dan dokumentasi, sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 01 Ulak Karang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat dilihat pada t-hitung sebesar 1,077 dan t-tabel 0,396 sehingga dapat disimpulkan bahwa 1,077 > 0,396 serta nilai diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Ha diterima Ho ditolak. Jadi variabel Media Audio-Visual secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
References
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113.
Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.
Oktira, Y. S., Ardipal, L, J., & Toruan. (2015). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Belajar Seni Budaya. E-Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang, 3(2), 63–68.
Prananda, G., Judijanto, L., Purwoko, B., Lestari, N. C., & Efendi, N. (2023). The Application of Demonstrated Learning Methods to Increase Primary School Students’ Science Learning Results. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 12175–12181.
Prananda, G., Kharismadewi, Y., Ricky, Z., & Friska, S. Y. (2021). The COVID-19 Pandemic Impact on Elementary Students Online Learning Motivation. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 153–160.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rini. (2017). PENDIDIKAN: HAKEKAT, TUJUAN, DAN PROSES. Jurnal Paedagogy, 4(1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.
Terbuka, U., Terbuka, U., Ahmad, R. E., Sorong, U. M., Maryam, A., Sorong, U. M., & Sorong, U. M. (2023). Jurnal jendela pendidikan. 3(02), 285–290.