KAJIAN SOSIOLINGUISTIK: RAGAM BAHASA LISAN PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR WIT-WITAN ALASMALANG SINGOJURUH

  • Nurul Fatimah Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi

Abstract

Ragam Bahasa adalah bentuk bahasa yang bervariasi menurut konteks pemakaian (topik yang dibicarakan, hubungan antar pembicara, medium pembicaraan). Jadi ragam Bahasa dipasar wit-witan adalah suatu variasi Bahasa yang digunakan dengan menggunakan Bahasa daerah sekitarnya ataupun Bahasa sehari-hari yang tidal formal. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk  mengetahui ragam bahasa yang di gunakan saat pemasaran produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif fenomenologi. Sumber data penelitian ini adalah hasil wawancara dari berbagai sumber pedagang di pasar wit-witan dan juga pelanggan yang berkunjung. Lokasi penelitian ini dilakukan di pasar Wit-witan Alasmalang Singojuruh Banyuwangi. Karakteristik ragam bahasa transaksi jual beli di Pasar Wit-witan Alasmalang Singojuruh ada dua. Pertama, kalimat yang digunakan pendek dan tidak lengkap (kalimat tidak formal). Kedua, penggunaan kata dari bahasa Jawa. Faktor-faktor yang mneyebabkan terjadinya ragam bahasa pada transaksi jual beli di Pasar Niten Bantul meliputi: (1) faktor usia, (2) faktor pendidikan, dan (3) faktor asal daerah.

Abstract

Ragam Bahasa adalah bentuk bahasa yang bervariasi menurut konteks pemakaian (topik yang dibicarakan, hubungan antar pembicara, medium pembicaraan). Jadi ragam Bahasa dipasar wit-witan adalah suatu variasi Bahasa yang digunakan dengan menggunakan Bahasa daerah sekitarnya ataupun Bahasa sehari-hari yang tidal formal. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk  mengetahui ragam bahasa yang di gunakan saat pemasaran produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif fenomenologi. Sumber data penelitian ini adalah hasil wawancara dari berbagai sumber pedagang di pasar wit-witan dan juga pelanggan yang berkunjung. Lokasi penelitian ini dilakukan di pasar Wit-witan Alasmalang Singojuruh Banyuwangi. Karakteristik ragam bahasa transaksi jual beli di Pasar Wit-witan Alasmalang Singojuruh ada dua. Pertama, kalimat yang digunakan pendek dan tidak lengkap (kalimat tidak formal). Kedua, penggunaan kata dari bahasa Jawa. Faktor-faktor yang mneyebabkan terjadinya ragam bahasa pada transaksi jual beli di Pasar Niten Bantul meliputi: (1) faktor usia, (2) faktor pendidikan, dan (3) faktor asal daerah.

References

Darmiyanti. (2017). Ragam Bahasa Pedagang Pasar Mare Kabupaten Bone. Makassar: Pujia
Fujiastuti, A. (2014). Ragam Bahasa Transaksi Jual Beli di Pasar Niten Bantul. Bantul: Kemdigbud
Handana, Z, T. (2022). Ragam Bahasa Lisan Penjual dan Pembeli dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Dampit Kebupaten Malang. Malang: Unisma .
Hidayatullah, A., & Gunawan, H. (2021). Sikap bahasa mahasiswa terhadap bahasa Indonesia ragam Ilmiah. Diglosia, 5(1), 69-76.
Isnaini, R. L. (2018). Revitalisasi peran bahasa Arab untuk mengatasi konflik dalam perspektif multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 6(1), 15-26.
Hartarini, Y. M. (2012). Pemertahanan Logat Bahasa Ibu di Wilayah Kota Kendal.
Rahardi, R. K. (2006). Dimensi-dimensi kebahasaan: aneka masalah bahasa Indonesia terkini. Erlangga.
Utami, S. W. B. (2009). Asosiasi Makna Pornografi Dalam Industri Periklanan: Studi Pragmatik.
Hadi, A. (2021). Penelitian kualitatif studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi. CV. Pena Persada.
Published
2024-02-26
How to Cite
FATIMAH, Nurul. KAJIAN SOSIOLINGUISTIK: RAGAM BAHASA LISAN PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR WIT-WITAN ALASMALANG SINGOJURUH. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 39-48, feb. 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/4130>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i1.4130.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.