EVALUASI KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA SEKOLAH DASAR

  • Shofia hattarina Universitas Panca Marga
  • Rosalina Agustin Universitas Panca Marga

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar telah dievaluasi melalui pendekatan Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Evaluasi ini melibatkan evaluasi proses dan evaluasi produk. Evaluasi proses melihat kegiatan pembelajaran, penanggung jawab pelaksanaan kurikulum, dan waktu pelaksanaan. Evaluasi produk menilai keberhasilan kurikulum dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar cukup berhasil, namun masih terdapat beberapa indikator yang perlu diperbaiki. Hambatan dalam pelaksanaan kurikulum meliputi kurangnya kapasitas guru, kendala waktu dan kemahiran teknologi, serta kebutuhan bantuan siswa. Kesimpulannya, Kurikulum Merdeka telah diterapkan dengan cukup berhasil dan efisien, namun masih perlu pengembangan. Evaluasi CIPP dapat digunakan sebagai alat untuk melihat konteks, input, proses, dan evaluasi produk dalam implementasi kurikulum.

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar telah dievaluasi melalui pendekatan Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Evaluasi ini melibatkan evaluasi proses dan evaluasi produk. Evaluasi proses melihat kegiatan pembelajaran, penanggung jawab pelaksanaan kurikulum, dan waktu pelaksanaan. Evaluasi produk menilai keberhasilan kurikulum dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar cukup berhasil, namun masih terdapat beberapa indikator yang perlu diperbaiki. Hambatan dalam pelaksanaan kurikulum meliputi kurangnya kapasitas guru, kendala waktu dan kemahiran teknologi, serta kebutuhan bantuan siswa. Kesimpulannya, Kurikulum Merdeka telah diterapkan dengan cukup berhasil dan efisien, namun masih perlu pengembangan. Evaluasi CIPP dapat digunakan sebagai alat untuk melihat konteks, input, proses, dan evaluasi produk dalam implementasi kurikulum.

References

Adipratama, Z., Sumarsono, R. B., & Ulfatin, N. (2018). Manajemen Kurikulum Terpadu Di Sekolah Alam Berciri Khas Islam. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 372–380.
Anggraini, F. R. (2023). EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS 1 SD NEGERI CIKULUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Ekayana, A. A. G., & Ratnaya, I. G. (2022). Evaluasi Kurikulum Program Sarjana Sistem Komputer Menggunakan Model CIPP Stufflebeam. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(3).
Laksono, T. A., & Izzulka, I. F. (2022). Evaluasi pengembangan kurikulum pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4082-4092.
Mubai, A., Jalinus, N., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., Abdullah, R., Rizal, F., & Waskito, W. (2021). Implementasi Model Cipp Dalam Evaluasi Kurikulum Pendidikan Teknik Informatika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1383-1394.
Puspitasari, A., Muadin, A., & Salabi, A. S. (2023). Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Menggunakan Model CIPP Di SD Bontang. An-NizomI, Vol. 08(1).
Published
2024-02-18
How to Cite
HATTARINA, Shofia; AGUSTIN, Rosalina. EVALUASI KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA SEKOLAH DASAR. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 19-29, feb. 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/4117>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i1.4117.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.