PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI SDN 1 TRIBUNGAN KECAMATAN MLANDINGAN TAHUN AKADEMIK 2022/2023
Abstract
Penting sekali kegiatan pembelajaran saintifik merupakan suatu proses kegiatan pengajaran yang membangun pengetahuan berdasarkan pengamatan, pengalaman dan pembentukan gagasan melalui percobaan. Kurangnya inovasi dalam proses kegiatan pembelajaran seringkali menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya prestasi akademik, hal ini disebabkan karena guru hanya menjadi pengamat ketika mengajar dan tidak mempunyai ide, metode atau strategi atau media yang kreatif dalam proses belajar mengajar. Siswa menjadi kurang tertarik dan termotivasi bahkan merasa bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi interaktif terhadap peningkatan minat belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 1 Tribungan Kecamatan Mlandingan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media interaktif animasi memberikan dampak terhadap peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 1 Tribunan Kecamatan Mlandingan, dimana nilai thitung sebesar -10,390. Sedangkan nilai ttabel pada distribusi 5% adalah -2,086 sehingga diperoleh thitung > ttabel (-10,390 > ttabel -2,086). Hal ini terlihat dari peningkatan minat belajar siswa kelas IV SDN 1 Tribungan Kecamatan Mlandingan sebelum dan sesudah menggunakan media interaktif animasi.
Abstract
Penting sekali kegiatan pembelajaran saintifik merupakan suatu proses kegiatan pengajaran yang membangun pengetahuan berdasarkan pengamatan, pengalaman dan pembentukan gagasan melalui percobaan. Kurangnya inovasi dalam proses kegiatan pembelajaran seringkali menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya prestasi akademik, hal ini disebabkan karena guru hanya menjadi pengamat ketika mengajar dan tidak mempunyai ide, metode atau strategi atau media yang kreatif dalam proses belajar mengajar. Siswa menjadi kurang tertarik dan termotivasi bahkan merasa bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi interaktif terhadap peningkatan minat belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 1 Tribungan Kecamatan Mlandingan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media interaktif animasi memberikan dampak terhadap peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 1 Tribunan Kecamatan Mlandingan, dimana nilai thitung sebesar -10,390. Sedangkan nilai ttabel pada distribusi 5% adalah -2,086 sehingga diperoleh thitung > ttabel (-10,390 > ttabel -2,086). Hal ini terlihat dari peningkatan minat belajar siswa kelas IV SDN 1 Tribungan Kecamatan Mlandingan sebelum dan sesudah menggunakan media interaktif animasi.
References
Hermawan. 2015. Penelitian Bisnis: Paradigma Kuantitatif. Grasindo. Jakarta
Karsidi, R. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta. Bandung
Simbolon, N. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Jurnal. Volume 1 Nomor 2.
Siswati, dkk. 2019. Animasi 2D dan 3D Kelas XI untuk SMK/MAK. PT. Kuantum Buku Sejahtera. Malang
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung
Wibawanto, W. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Penerbit Cerdas Ulet Kreatif. Jawa Timur.