PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 1 SEMIRING KABUPATEN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Model pembelajaran make a match merupakan salah satu pendekatan konseptual yang mengajarkan siswa memahami konsep-konsep secara aktif, kreatif, interaktif, efektif dan menyenangkan bagi siswa sehingga konsep mudah dipahami dan bertahan lama dalam struktur kognitif siswa. Rumusan masalah dalam penelitian adakah bagaimana penggunaan model pembelajaran Make a Match kelas IV Mata pelajaran IPA di SDN 1 Semiring Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang penulis gunakan kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi dan dokumenter, serta analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Berdasarkan deskripsi data dan analisis penelitian Pemanfaatan Model Pembelajaran Make a Match Kelas IV pada Mata pelajaran IPA di SDN 1 Semiring Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2020/2021 maka pada akhir skripsi dapat disimpulkan yaitu dalam menerapkan model pembelajaran Make A Match meliputi Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban, Setiap siswa mendapat satu buah kartu, Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang, Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban), Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin, Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya.
Abstract
Model pembelajaran make a match merupakan salah satu pendekatan konseptual yang mengajarkan siswa memahami konsep-konsep secara aktif, kreatif, interaktif, efektif dan menyenangkan bagi siswa sehingga konsep mudah dipahami dan bertahan lama dalam struktur kognitif siswa. Rumusan masalah dalam penelitian adakah bagaimana penggunaan model pembelajaran Make a Match kelas IV Mata pelajaran IPA di SDN 1 Semiring Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang penulis gunakan kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi dan dokumenter, serta analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Berdasarkan deskripsi data dan analisis penelitian Pemanfaatan Model Pembelajaran Make a Match Kelas IV pada Mata pelajaran IPA di SDN 1 Semiring Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2020/2021 maka pada akhir skripsi dapat disimpulkan yaitu dalam menerapkan model pembelajaran Make A Match meliputi Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban, Setiap siswa mendapat satu buah kartu, Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang, Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban), Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin, Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya.
References
Arikunto, S. 2014. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung
Miles, Mattew B dan Amichael Huberman. 2015. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia.
Rachman 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Said dan Andi Budiman jaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa.Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.