UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI PADA SISTEM SARAF MELALUI MODEL TPS ( THINK - PAIRED - SHERED) KELAS XI SMAN 1 PANJI

  • Reni Werdhitasari SMAN 1 PANJI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Paired Shered ( TPS ) dalam pelajaran Biologi materi pokok struktur dan fungsi pada sistem saraf kelas XI Semester 1 di SMAN 1 Panji tahun ajaran 2021-2022 dan mengetahui peningkatan kemampuan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Paired Shered ( TPS ). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. pembelajaran Biologi dengan model Think Paired Shered ( TPS ) mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus 1 hingga siklus 2. Ketuntasan klasikal yang diinginkan oleh peneliti yaitu sebesar 95% sudah dicapai pada siklus 2. Pada grafik di atas, tahap prasiklus sebesar 50% sebanyak 11 siswa yang mengalami ketuntasan dalam ulangan harian. Pada siklus 1, hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 68% sebanyak 15 siswa yang mengalami ketuntasan belajar dalam ulangan harian. Dari tahap prasiklus ke siklus 1 mengalami peningkatan hasil belajar. Pada siklus 2, hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 95%  sebanyak 21 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Paired Shered ( TPS ) dalam pelajaran Biologi materi pokok struktur dan fungsi pada sistem saraf kelas XI Semester 1 di SMAN 1 Panji tahun ajaran 2021-2022 dan mengetahui peningkatan kemampuan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Paired Shered ( TPS ). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. pembelajaran Biologi dengan model Think Paired Shered ( TPS ) mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus 1 hingga siklus 2. Ketuntasan klasikal yang diinginkan oleh peneliti yaitu sebesar 95% sudah dicapai pada siklus 2. Pada grafik di atas, tahap prasiklus sebesar 50% sebanyak 11 siswa yang mengalami ketuntasan dalam ulangan harian. Pada siklus 1, hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 68% sebanyak 15 siswa yang mengalami ketuntasan belajar dalam ulangan harian. Dari tahap prasiklus ke siklus 1 mengalami peningkatan hasil belajar. Pada siklus 2, hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 95%  sebanyak 21 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar.

References

Rositawaty dan Aris. 2008. Senang belajar ilmu pengetahuan alam.Jakarta: Pusat Perbukuan
Jaka dan Riyanto. 2004. Gembira belajar SAINS.Jakarta: Grasindo
Yohanes. 2002. IPA dibuat Asyik.Jakarta: Armandelta Selaras
Arikunto, Suharsimi.1993. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara
Bahri, Djamarah Syaful, 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Renika Cipta
Dimyati dkk. 1995. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Karya
Djamali. 2001. Metode dan Pendekatan. Jakarta : Rineka Karya
Meier. 2002. Strategi Pembelajaran TPS.
Nasution, 1980. Media Pendidikan Sebagai Alat Bantu Dalam Pengajaran. Jakarta : Pradnya Peramita
Sudjana dan Rivai. 1980. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Published
2022-11-21
How to Cite
WERDHITASARI, Reni. UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI PADA SISTEM SARAF MELALUI MODEL TPS ( THINK - PAIRED - SHERED) KELAS XI SMAN 1 PANJI. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 99-111, nov. 2022. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/3764>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v1i2.3764.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.