PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RODALI (RODA PERKALIAN) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI SD INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM SITUBONDO TAHUN AJARAN 2022-2023
Abstract
Guru dituntut lebih kreatif dalam mencari solusi untuk kesulitan yang dialami anak didiknya selama kegiatan pembelajaran. Seperti penggunaan media tiga dimensi untuk mempermudah siswa memahami suatu permasalahan dalam pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan media rodali sebagai upaya meningkatkan hasil belajar perkalian dasar siswa kelas III SD Integral Luqman Al Hakim Situbondo tahun ajaran 2022-2023; 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan media rodali pada materi perkalian dasar siswa kelas III SD Integral Luqman Al Hakim Situbondo tahun ajaran 2022-2023. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, disusun dalam siklus berdaur terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) metode observasi untuk mengamati aktifitas siswa; 2) metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa; 3) metode wawancara untuk mengetahui pendapat siswa tentang kepuasan belajar. Subyek yang digunakan adalah siswa kelas III yang berjumlah 25 siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian adalah pembelajaran dengan media tiga dimensi memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus yaitu siklus I (80%) dan siklus II (92%).
Abstract
Guru dituntut lebih kreatif dalam mencari solusi untuk kesulitan yang dialami anak didiknya selama kegiatan pembelajaran. Seperti penggunaan media tiga dimensi untuk mempermudah siswa memahami suatu permasalahan dalam pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan media rodali sebagai upaya meningkatkan hasil belajar perkalian dasar siswa kelas III SD Integral Luqman Al Hakim Situbondo tahun ajaran 2022-2023; 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan media rodali pada materi perkalian dasar siswa kelas III SD Integral Luqman Al Hakim Situbondo tahun ajaran 2022-2023. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, disusun dalam siklus berdaur terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) metode observasi untuk mengamati aktifitas siswa; 2) metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa; 3) metode wawancara untuk mengetahui pendapat siswa tentang kepuasan belajar. Subyek yang digunakan adalah siswa kelas III yang berjumlah 25 siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian adalah pembelajaran dengan media tiga dimensi memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus yaitu siklus I (80%) dan siklus II (92%).
References
Arikunto, S. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bramantha, H. 2021. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Proshow Gold pada Siswa Sekolah Dasar. Tersedia pada: Jurnal IKA PGSD UNARS Vol. 9 No. 1, Juni 2021, 298.
Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Duludu, U. 2017. Kurikulum Bahan Dan Media Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Hamalik, O. 2004. Kemampuan Belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Jihad, A & Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Lidyawati, R dkk. 2013. Penggunaan Media Pembelajaran Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN 1 Alastengah Situbondo. Tersedia pada: Jurnal IKA PGSD UNARS Vol. 1 No. 1, Juni 2013, 8.
Makmun, A.S. 2009. Psikologi Kependidikan; Perangkat Sistem Pengajaran modul. Bandung : Rosda.
Milmal, Y. 2011. Pengertian Kemampuan Journal (Online). Diakses pada tanggal 12 Februari 2023
Novitasari, N.F. 2017. Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Pengajar dan Calon Pengajar di Situbondo. Tersedia pada: Jurnal INTEGRITAS Vol. 1 No. 2, Desember 2017, 116.
Pratiwi, V. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Tiga Dimensi pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Ruang Kelas V SDN 1 Sumberkolak Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2013/2014. Tersedia pada: Jurnal IKA PGSD UNARS Vol. 2 No. 2, Desember 2014, 13-14.
Sanjaya, W. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Thoifah, M. 2020. Rodali Media Penghafal Perkalian Dasar. Tersedia pada: https://www.gurnulis.id/2020/10/rodali-media-penghafal-perkalian-dasar.html
Wahab, A.A. 2009. Metode Dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Wiriatmadja, R. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.