ANALISIS PENTINGNYA KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 2 DI SDN 4 CURAH JERU SITUBONDO TAHUN AJARAN 2020/2021

  • Farhan Marsaid Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Afif Amroellah Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Reki Ledyawati Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya keterampilan membaca siswa, khususnya dalam upaya pengembangan pendidikan keterampilan membaca di SDN 4 Curah Jeru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpilan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi, ketekunan pengamatan perpanjangan, keikutsertaan, pemeriksaan sejawat, melalui diksusi dan kecukupan referensial hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pengembangan pendidikan keterampilan membaca yang dilakukan dalam program pengembangan diri di SDN 4 Curah Jeru mengangkat nilai membaca aktif, mendengarkan dengan aktif, berfikir kreatif. Bentuk dukungan kepala sekolah penguatan nilai-nilai keterampilan membaca, bentuk dukungan guru ialah dengan memasukkan nilai keterampilan membaca dikelas. Komponen sekolah di SDN 4 Curah Jeru. Budaya sekolah dan keterampilan membaca karena sekolah belum mengetahui tentang komponen tersebut, sedangkan peran komponen keluarga dirasakan masih sangat kurang. Ditemukan permasalahan dalam pembelajaran yaitu hasil belajar siswa terhadap pemebelajaran bahasa Indonesia dan juga siswa menunjukkan presentasi ketercapaian yang positif terdapat pentingnya keterampilan membaca dan adapun peningkatan yang paling besar ditinjau dari masing-masing indikator, pada minat dalam keterampilan membaca dan perhatian siswa pada pelajaran bahasa Indonesia siswa lebih termotifasi dan senang dalam mengikuti pembelajaran yang peneliti lakukan, sehingga siswa banyak berperan aktif dalam proses pembelajaran membaca yang kami terapkan pada siswa kelas 2 di SDN 4 Curah Jeru.


 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya keterampilan membaca siswa, khususnya dalam upaya pengembangan pendidikan keterampilan membaca di SDN 4 Curah Jeru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpilan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi, ketekunan pengamatan perpanjangan, keikutsertaan, pemeriksaan sejawat, melalui diksusi dan kecukupan referensial hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pengembangan pendidikan keterampilan membaca yang dilakukan dalam program pengembangan diri di SDN 4 Curah Jeru mengangkat nilai membaca aktif, mendengarkan dengan aktif, berfikir kreatif. Bentuk dukungan kepala sekolah penguatan nilai-nilai keterampilan membaca, bentuk dukungan guru ialah dengan memasukkan nilai keterampilan membaca dikelas. Komponen sekolah di SDN 4 Curah Jeru. Budaya sekolah dan keterampilan membaca karena sekolah belum mengetahui tentang komponen tersebut, sedangkan peran komponen keluarga dirasakan masih sangat kurang. Ditemukan permasalahan dalam pembelajaran yaitu hasil belajar siswa terhadap pemebelajaran bahasa Indonesia dan juga siswa menunjukkan presentasi ketercapaian yang positif terdapat pentingnya keterampilan membaca dan adapun peningkatan yang paling besar ditinjau dari masing-masing indikator, pada minat dalam keterampilan membaca dan perhatian siswa pada pelajaran bahasa Indonesia siswa lebih termotifasi dan senang dalam mengikuti pembelajaran yang peneliti lakukan, sehingga siswa banyak berperan aktif dalam proses pembelajaran membaca yang kami terapkan pada siswa kelas 2 di SDN 4 Curah Jeru.


 

References

Anonim. 1993. Kurikulum SD: Landasan, Program dan Pengembangan. Jakarta Depdikbud.
Coni Semiawan. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Gramedia, Jakarta.
Dc Porter Bobbi & Henacki Mike. 1992. Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung. KAIFA.
Hendi Somantri Drs. 2001. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Tingkat 2 Program Keahlian Akuntansi. Armico. Bandung.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013. Buku Guru Kelas I Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 4 Keluargaku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013. Buku Siswa Kelas I Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 4 Keluargaku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suwarsih Madya. 1994. Seri Metodologi Penelitian, Panduan Penelitian Tindakan. Lembaga Penelitian IKIP, Yogyakarta:
Suyanto & Djihad Hisyam. 2000. Refleksi dan Reformasi, Pendidikan di PPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Memasuki Milenium III, Adi Cita.Yogyakarta.
Tim. 1995. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta.
T. Raka Djoni. 1998. Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta.
Wayan Memes. 2000. Model Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SD. Proyek Pengembangan Guru SD Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Yoga Firdaus, dkk. 2003. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Tingkat 2 Program Keahlian Akuntansi. Erlangga. Jakarta
Published
2023-11-20
How to Cite
MARSAID, Farhan; AMROELLAH, Afif; LEDYAWATI, Reki. ANALISIS PENTINGNYA KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 2 DI SDN 4 CURAH JERU SITUBONDO TAHUN AJARAN 2020/2021. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 7-12, nov. 2023. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/3734>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v2i4.3734.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.