KETERAMPILAN GURU DALAM MENERAPKAN STRATEGI DRTA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) DI KELAS III PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 SDN 1 PANJI LOR KECAMATAN PANJI KABUPATEN SITUBONDO T.H 2020/2021
Abstract
iPendidikan isangat ierat ihubungannya idengan iminat ibelajar iyang di mana pendidikan itidak iakan iberjalan iapabila tidak terdapat iminat ibelajar idisetiap isiswa. iMinat ibelajar imemegang iperanan ipenting idalam ibelajar.Karena iminat ibelajar iini imerupakan isuatu ikekuatan imotivasi iyang menyebabkan iseseorang imemusatkanperhatian iterhadap iseseorang iatau ikegiatan itertentu.Minat idiartikan isebagaikecenderungan isubjek iyang imenetap iuntuk imerasa itertarik ipada ibidang istudi iatau ipokok ibahasan itertentu idan imerasa isenang imempelajari imateri itersebut.Dalam ipenelitian iini ipeneliti imengambil ijenis ipenelitian ideskriptif idengan ipendekatan ikualitatif.Lokasi iyang imenjadi itempat ipenelitian iyaitu iditempatkan idi iSDN i1 iWringin iAnom iDesa iWringin iAnom iKecamatan iJati iBanteng. iPeneliti imemilih itempat idi iSDN i1 iWringin iAnom i ikarena isesuai iobservasi iyang idilakukan ioleh ipeneliti imasih ibanyak imasalah-masalah ikurangnya iminat ibelajar isiswa ikhususnya ipada imasa ipandemi iCovid-19 iyang imengakibatkan isiswa iuntuk ibelajar idirumah iserta imengakibatkan isiswa iakan ilebih imalas iuntuk ibelajar ikhususnya ipada ipembelajara iMatematika.Berdasarkan ihasil ipenelitian iyang idi ilakukan idi iSD iNegeri i1 iWringin iAnom iKecamatan iJatibanteng itentang iMinat ibelajar iMatematika ipada imateri ikonsep ipecahan idi iera ipandemi iCovid-19 iyang idi ilakukan isecara idaring idan iluring, ipeneliti imelakukan iwawancara iterhadap iguru ikelas iyang isekaligus imenjadi iguru imatematika idi ikelas i4 iSD inegeri iwringin iAnom ikecamatan iJati iBanteng, iwawancara iyang idi iteliti itentang iminat ibelajar idi iantaranya: iIndikator iMinat iBelajar iMenurut iSlameto i(2010:180) ibeberapa iindikator iminat ibelajar iyaitu: i1) iperasaan isenang, i2) iketertarikan, i3) iperhatian, i4) iketerlibatan isiswa.
Abstract
iPendidikan isangat ierat ihubungannya idengan iminat ibelajar iyang di mana pendidikan itidak iakan iberjalan iapabila tidak terdapat iminat ibelajar idisetiap isiswa. iMinat ibelajar imemegang iperanan ipenting idalam ibelajar.Karena iminat ibelajar iini imerupakan isuatu ikekuatan imotivasi iyang menyebabkan iseseorang imemusatkanperhatian iterhadap iseseorang iatau ikegiatan itertentu.Minat idiartikan isebagaikecenderungan isubjek iyang imenetap iuntuk imerasa itertarik ipada ibidang istudi iatau ipokok ibahasan itertentu idan imerasa isenang imempelajari imateri itersebut.Dalam ipenelitian iini ipeneliti imengambil ijenis ipenelitian ideskriptif idengan ipendekatan ikualitatif.Lokasi iyang imenjadi itempat ipenelitian iyaitu iditempatkan idi iSDN i1 iWringin iAnom iDesa iWringin iAnom iKecamatan iJati iBanteng. iPeneliti imemilih itempat idi iSDN i1 iWringin iAnom i ikarena isesuai iobservasi iyang idilakukan ioleh ipeneliti imasih ibanyak imasalah-masalah ikurangnya iminat ibelajar isiswa ikhususnya ipada imasa ipandemi iCovid-19 iyang imengakibatkan isiswa iuntuk ibelajar idirumah iserta imengakibatkan isiswa iakan ilebih imalas iuntuk ibelajar ikhususnya ipada ipembelajara iMatematika.Berdasarkan ihasil ipenelitian iyang idi ilakukan idi iSD iNegeri i1 iWringin iAnom iKecamatan iJatibanteng itentang iMinat ibelajar iMatematika ipada imateri ikonsep ipecahan idi iera ipandemi iCovid-19 iyang idi ilakukan isecara idaring idan iluring, ipeneliti imelakukan iwawancara iterhadap iguru ikelas iyang isekaligus imenjadi iguru imatematika idi ikelas i4 iSD inegeri iwringin iAnom ikecamatan iJati iBanteng, iwawancara iyang idi iteliti itentang iminat ibelajar idi iantaranya: iIndikator iMinat iBelajar iMenurut iSlameto i(2010:180) ibeberapa iindikator iminat ibelajar iyaitu: i1) iperasaan isenang, i2) iketertarikan, i3) iperhatian, i4) iketerlibatan isiswa.
References
Aningsih&Jayanty, iicy iputri. i2017. iUpaya iMeningkatkan iKeterampilan iMembaca iPemahaman iSiswa iMelalui iStrategi iDirected iReading iThinking iActivity i(DRTA) iDi iKelas iIII iSdbani iSaleh i2 iBekasi iPada iPelajaran iBahasa iIndonesia. iUniversitas iIslam iBekasi iJurnal iPedagogik.
Dalman. i2013. iKeterampilan iMembaca. iJakarta. iPT. iRaja iGrafindo iPersada.
Darmiyati iZuchdi idan iBudiasih.2001. iPendidikan iBahasa idan iSastra iIndonesia idi iKelas iRendah.Yogyakarta: iPAS.
Dr. iFarida iNugrahani, iM.Hum. i2014. iMetode iPenelitian iKualitatif idalam iPenelitian iPendidikan iBahasa. iSolo: iCakra iBooks.
Fitri iRofikasari. i2014. iPeningkatan iKeterampilan iMembaca iPemahaman iMelalui iStrategi iDirected iReading iThinking iActivity i(DRTA) iPada iSiswa iKelas iV iSD iNegeri i2 iJlegiwinangun iTahun iAjaran i2014/2015. iJurnal iFKIP iUniversitas iSebelas iMaret.
Miles i& iHuberman.1992. iAnalisis iData iKualitatif.Jakarta: iPenerbit iUniversitas iIndonesia.
Murni, iW. i2010.Keterampilan iDasar iMengajar. iYogyakarta: iAr-Ruzz iMedia.
Rahim iFarida. i2009. iPengajaran iMembaca idi iSD. iJakarta: iBumi iAksara.
Sugiyono. i2012. iMetode iPenelitian iPendidikan: iPendekatan iKuantitatif, iKualitatif idan iR&D. iBandung: iAlfabeta.
Sugiyono. i2013. iMetode iPenelitian iPendidikan. iBandung: iAlfabeta.
Sugiyono. i2014. iMetode iPenelitian iBisnis i(Pendekatan iKuantitatif, iKualitatif idan iR&D). iBandung: iAlfabeta.
Tarigan, iHenry iGuntur. i2008. iMembaca isebagai iSuatu iKeterampilan iBerbahasa. iBandung: iAngkasa.