IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI WRITING SEMESTER 1 PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KENDIT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • R. Imam Soetrisno SMPN 2 Kendit

Abstract

Masalah yang dihadapi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kendit pada pembelajaran aspek writing ini cukup kompleks. Mulai dari kurangnya minat, kurangnya sarana, kurangnya motivasi sehingga kurang serius dalam mengikuti mata pelajaran Bahasa Inggris sehingga berdampak pada lemahnya penguasaan kosa kata dan tata bahasa yang sangat diperlukan dalam pembelajaran aspek writing ini. Kalau melihat macetnya penulisan, itu berarti karena kurangnya pengorganisasian pokok pikiran. Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut di atas, peneliti mencoba menggunakan metode mind mapping untuk mengatasi sebagian dari permasalahan-permasalahan itu. Peneliti mencoba metode ini karena berdasarkan pemahaman peneliti, metode mind mapping dapat memunculkan ide, dapat mengembangkan ide dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan metode mind mapping, sehingga peneliti menerapkan penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini. Dalam penelitian tindakan kelas terdapat beberapa tahapan mulai dari perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi.Setelah melalui tahapan penelitian tindakan kelas diatas, pada penelitian ini didapatkan data yang menunjukkan hasil evaluasi belajar siklus I mencapai nilai rata-rata 80.3 meningkat menjadi 81.8 pada siklus 2. Secara prosentase pencapaian nilai ketuntasan minimum dapat diketahui adanya peningkatan prosentase jumlah siswa yang memenuhi kriteria dari 85 % pada siklus satu menjadi 87.1 % pada siklus kedua. Dengan kata lain pada siklus 1 terdapat 25 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan dan pada siklus 2 sebanyak 27 siswa memenuhi ketuntasan minimum yang ditetapkan yaitu 78. Berdasarkan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa implementasi metode mind mapping dapat mengingkatkan kompetensi dan prestasi writing semester 1 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kendit pada tahun pelajarn 2019/2020.

Abstract

Masalah yang dihadapi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kendit pada pembelajaran aspek writing ini cukup kompleks. Mulai dari kurangnya minat, kurangnya sarana, kurangnya motivasi sehingga kurang serius dalam mengikuti mata pelajaran Bahasa Inggris sehingga berdampak pada lemahnya penguasaan kosa kata dan tata bahasa yang sangat diperlukan dalam pembelajaran aspek writing ini. Kalau melihat macetnya penulisan, itu berarti karena kurangnya pengorganisasian pokok pikiran. Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut di atas, peneliti mencoba menggunakan metode mind mapping untuk mengatasi sebagian dari permasalahan-permasalahan itu. Peneliti mencoba metode ini karena berdasarkan pemahaman peneliti, metode mind mapping dapat memunculkan ide, dapat mengembangkan ide dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan metode mind mapping, sehingga peneliti menerapkan penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini. Dalam penelitian tindakan kelas terdapat beberapa tahapan mulai dari perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi.Setelah melalui tahapan penelitian tindakan kelas diatas, pada penelitian ini didapatkan data yang menunjukkan hasil evaluasi belajar siklus I mencapai nilai rata-rata 80.3 meningkat menjadi 81.8 pada siklus 2. Secara prosentase pencapaian nilai ketuntasan minimum dapat diketahui adanya peningkatan prosentase jumlah siswa yang memenuhi kriteria dari 85 % pada siklus satu menjadi 87.1 % pada siklus kedua. Dengan kata lain pada siklus 1 terdapat 25 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan dan pada siklus 2 sebanyak 27 siswa memenuhi ketuntasan minimum yang ditetapkan yaitu 78. Berdasarkan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa implementasi metode mind mapping dapat mengingkatkan kompetensi dan prestasi writing semester 1 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kendit pada tahun pelajarn 2019/2020.

References

Agustien, Helena IR. (2006) Kurikulum Bahasa Inggris SMP 2006 . Yogyakarta :
Jogja English Teachers Association.
BSNP. (2006). SK dan KD Bahasa Inggris – SMP, dilengkapi : SKL. Jakarta : BSNP.
Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran BAHASA
INGGRIS SMP. Jakarta: Depdiknas Dirjen Manajemen Dikdasmen Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama
Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan RPP Mata Pelajaran BAHASA INGGRIS SMP. Jakarta: Depdiknas Dirjen Menejemen Dikdasmen Direktorat Pembinaan SMP.
Depdiknas. (2004) Materi Pelatihan Terintegrasi BAHASA INGGRIS Buku 1. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Lamjutan Pertama.
Depdiknas. (2007) Buku Saku KTSP – SMP. Jakarta : Depdiknas Dirjen Menejemen
Dikdasmen Direktorat Pembinaan SMP.
Endang K Haris dkk. (1997). English Students Workshop – SLTP Class 1. Bandung :
PT Remaja Rosda Karya.
Indrotomo dkk. (2004) English On Sky 1 for Junior High School Students. Jakarta :
Erlangga.
Joko Siswanto dkk. (2005) Let’s Talk Grade VII for Junior High School (SMP / MTs). Bandung : Pakar Raya.
Kasihani, KE Suyanto dkk. (2005) English In Context 1- untuk SMP Kelas !. Jakarta :
Bumi Aksara.
Logis. ( ) Buku Ajar Bahasa Inggris Kelas IX Semester 1. Solo : Pustaka Aditama.
Neuroscience Super Learning. (2006) Neuroscience Super Learning Progam BAHASA INGGRIS Tahap 1. Yogyakarta : Pelatihan Peningkatan Mutu dan Profeionalisme guru Bahasa Inggris DIY.
Syamsi Kastam. (2006/2007). Penyusunan Proposal dan Laporan PTK. FBS UNY.
Published
2023-05-01
How to Cite
SOETRISNO, R. Imam. IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI WRITING SEMESTER 1 PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KENDIT TAHUN PELAJARAN 2019/2020. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 25-32, may 2023. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/2830>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v2i1.2830.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.