UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN MELALUI WORKSHOP DI SD NEGERI 1 PANJI KIDUL SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2021/20222

  • Ansori Ansori SDN 1 Panji Kidul Situbondo

Abstract

Sehubungan dengan keadaan tersebut penulis mengajukan alternatif pemecahan masalah yaitu dengan membekali para guru agar mampu membuat video pembelajaran inovatif dengan mengadakan workshop di SD Negeri 1 Panji Kidul Situbondo. Workshop merupakan sebuah kegiatan yang sengaja diadakan sebagai tempat berkumpulnya orang-orang yang berasal dari latar belakang serumpun untuk memecahkan suatu permasalahan tertentu dengan jalan berdiskusi ataupun saling memberikan pendapat antar satu anggota dengan anggota lainnya. Saat ini merupakan era perkembangan teknologi yang sangat pesat, sehingga mendorong manusia merespon perkembangan tersebut dengan ilmu dan keterampilan yang mumpuni agar dapat memanfaatkan teknologi dengan lebih baik. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah PTS dengan berkolaborasi dengan guru yang ditetapkan 2 siklus. Dalam PTS ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data primer dengan menggunakan tes ulangan dan observasi dengan di checklist, dan data sekunder dengan wawancara. Peneliti menggunakan keharusan nilai sasaran atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menentukan kriteria sukses untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian pada bab IV dapat disimpulkan sebagai berikut:  Ada penerapan video pembelajaran melalui workshop di SD Negeri 1 Panji Kidul Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022. Upaya meningkatkan kemampuan guru mencapai 97% dalam membuat video pembelajaran melalui workshop di SD Negeri 1 Panji Kidul Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022.

Abstract

Sehubungan dengan keadaan tersebut penulis mengajukan alternatif pemecahan masalah yaitu dengan membekali para guru agar mampu membuat video pembelajaran inovatif dengan mengadakan workshop di SD Negeri 1 Panji Kidul Situbondo. Workshop merupakan sebuah kegiatan yang sengaja diadakan sebagai tempat berkumpulnya orang-orang yang berasal dari latar belakang serumpun untuk memecahkan suatu permasalahan tertentu dengan jalan berdiskusi ataupun saling memberikan pendapat antar satu anggota dengan anggota lainnya. Saat ini merupakan era perkembangan teknologi yang sangat pesat, sehingga mendorong manusia merespon perkembangan tersebut dengan ilmu dan keterampilan yang mumpuni agar dapat memanfaatkan teknologi dengan lebih baik. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah PTS dengan berkolaborasi dengan guru yang ditetapkan 2 siklus. Dalam PTS ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data primer dengan menggunakan tes ulangan dan observasi dengan di checklist, dan data sekunder dengan wawancara. Peneliti menggunakan keharusan nilai sasaran atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menentukan kriteria sukses untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian pada bab IV dapat disimpulkan sebagai berikut:  Ada penerapan video pembelajaran melalui workshop di SD Negeri 1 Panji Kidul Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022. Upaya meningkatkan kemampuan guru mencapai 97% dalam membuat video pembelajaran melalui workshop di SD Negeri 1 Panji Kidul Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022.

References

Ahmadi, I.K dan Amri, S. 2014. Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif, Jakarta: Prestasi Pustaka
Arifin, Z, 2011. Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Basuki, I dan Hariyanto, 2014. Asesmen Pembelajaran, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Basuki, Ismet dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Daryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto dan Sudjendro, H. 2014. Wacana Bagi Guru SD: Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media
Daryanto, 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013),Yogyakarta: Gava Media.
Dirman & Juarsih, C. 2014. Penilaian dan Evaluasi. Jakarta: Rineka Cipta
Djajasudarma, F. 2016. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Refika Aditama
E.Mulyasa 2014, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SD/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta : Ar-Ruzz
Fitri, A.Z dan Maunah, B. 2013. Model Penilaian Authentic Assesment, Tulungagung: STAIN Tulungagung Pers, Ed. Cetakan 1
Hamzah, H. M. dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Press
Hanafiah, N & Suhana, C. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama
Haryati, M. 2011. Model & Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta:Gaung Persada
Hosnan. M.. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia
Johnson, E.B, 2011. CTL (Cotextual Teaching Learning), Jakarta: Kaifa
Kadir, 2014. Penilaian Otentik dalam Kurikulum 2013, Dalam Acara Penguatan dan Pengembangan keilmuan penilaian otentik bagi guru SD/MI,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013 SD Kelas 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Komalasari, K. 2013. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis disertai dengan Contoh. Ed. Rev. Jakarta: Rajawali Pers
Kurinasih, I dan Sani, B. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan, Surabaya: Kata Pena.
Kurinasih, I dan Sani, B. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena
Kurniawan, D. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian),Bandung: Alfabeta
Kusaeri dan Suprananto, 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lorin W. Anderson dan David R. Krathwohl.. 2010. A Taxonomy for Learning,Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Penerjemah: Agung Prihantoro, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Published
2023-05-01
How to Cite
ANSORI, Ansori. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN MELALUI WORKSHOP DI SD NEGERI 1 PANJI KIDUL SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2021/20222. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 11-24, may 2023. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/2829>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v2i1.2829.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.