PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PPKN MATERI PERATURAN DI RUMAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 2 PASIR PUTIH SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Tujuan pendidikan perlu adanya upaya-upaya dalam penyelenggaraan pendidikan, disamping itu perlu adanya kesadaran anak didik yaitu bagaimana menempatkan diri dilingkungan pendidikan yang dialaminya. Hal ini tidak terlepas dari guru bagaimana menyampaikan materi pelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Salah satunya adalah model pembelajaran Snowball Trowing yang melatih siswa untuk lebih tanggap menerima pesan dari orang lain dan mentyampaikan pesan tersebur ke temannya dalam satu kelompok. Model pembelajaran ini cocok untuk diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan karena mampu menumbuhkan kerja sama yang baik antar siswa.Penelitian ini berdasarkan permasalahan : Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan prestasi belajar muatan mapel Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan materi Peraturan di Rumah pada siswa Kelas I SD Negeri 2 Pasir Putih Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : Penggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan materi Peraturan di Rumah pada siswa Kelas I SD Negeri 2 Pasir Putih Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari 4 tahap, yaitu : penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas I SD Negeri 2 Pasir Putih Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dari setiap siklus. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I mencapai ketuntasan belajar 77.78% dengan nilai rata-rata 73.33, dan siklus II ketuntasan belajar siswa naik menjadi 100% dengan nilai rata-rata 86.11.
Abstract
Tujuan pendidikan perlu adanya upaya-upaya dalam penyelenggaraan pendidikan, disamping itu perlu adanya kesadaran anak didik yaitu bagaimana menempatkan diri dilingkungan pendidikan yang dialaminya. Hal ini tidak terlepas dari guru bagaimana menyampaikan materi pelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Salah satunya adalah model pembelajaran Snowball Trowing yang melatih siswa untuk lebih tanggap menerima pesan dari orang lain dan mentyampaikan pesan tersebur ke temannya dalam satu kelompok. Model pembelajaran ini cocok untuk diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan karena mampu menumbuhkan kerja sama yang baik antar siswa.Penelitian ini berdasarkan permasalahan : Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan prestasi belajar muatan mapel Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan materi Peraturan di Rumah pada siswa Kelas I SD Negeri 2 Pasir Putih Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : Penggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan materi Peraturan di Rumah pada siswa Kelas I SD Negeri 2 Pasir Putih Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari 4 tahap, yaitu : penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas I SD Negeri 2 Pasir Putih Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dari setiap siklus. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I mencapai ketuntasan belajar 77.78% dengan nilai rata-rata 73.33, dan siklus II ketuntasan belajar siswa naik menjadi 100% dengan nilai rata-rata 86.11.
References
Coni Semiawan. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Gramedia, Jakarta.
Dc Porter Bobbi & Henacki Mike. 1992. Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung. KAIFA.
Hendi Somantri Drs. 2001. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Tingkat 2 Program Keahlian Akuntansi. Armico. Bandung.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013. Buku Guru Kelas I Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 4 Keluargaku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013. Buku Siswa Kelas I Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 4 Keluargaku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suwarsih Madya. 1994. Seri Metodologi Penelitian, Panduan Penelitian Tindakan. Lembaga Penelitian IKIP, Yogyakarta:
Suyanto & Djihad Hisyam. 2000. Refleksi dan Reformasi, Pendidikan di PPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Memasuki Milenium III, Adi Cita.Yogyakarta.
Tim. 1995. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta.
T. Raka Djoni. 1998. Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta.
Wayan Memes. 2000. Model Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SD. Proyek Pengembangan Guru SD Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Yoga Firdaus, dkk. 2003. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Tingkat 2 Program Keahlian Akuntansi. Erlangga. Jakarta