ANALISIS PERAN GURU DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA BERPRESTASI AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Prestasi akademik berkaitan dengan pendidikan formal di kelas termasuk ilmu pengetahuan, kemampuan, kecakapan yang diperoleh dari proses belajar. Penelitian ini menganalisa tentang bagaimana peran guru dalam memberikan motivasi belajar pada siswa berprestasi akademik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu peran guru dan motivasi belajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas V B SDN 8 Mimbaan Kabupaten Situbondo. Hasil penelitian dari peran guru dalam memberikan motivasi belajar pada siswa berprestasi akademik kelas VB menunjukkan bahwa guru menggunakan 7 bentuk motivasi belajar pada siswa dengan memberikan nilai, saingan/kompetisi, pujian, hukuman, hasrat untuk belajar, minat dan tujuan yang diakui. Namun, salah satu bentuk motivasi belajar yang belum dijalankan oleh guru yaitu pemberian hadiah. Motivasi belajar yang diberikan oleh guru mampu menghasilkan siswa-siswi yang berprestasi di kelas VB. Terdapat 10 siswa yang meraih peringkat 10 besar, sedangkan 2 diantaranya meraih juara dalam lomba di bidang akademik diluar sekolah dan 1 siswa meraih juara dalam lomba di bidang non akademik.
Abstract
Prestasi akademik berkaitan dengan pendidikan formal di kelas termasuk ilmu pengetahuan, kemampuan, kecakapan yang diperoleh dari proses belajar. Penelitian ini menganalisa tentang bagaimana peran guru dalam memberikan motivasi belajar pada siswa berprestasi akademik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu peran guru dan motivasi belajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas V B SDN 8 Mimbaan Kabupaten Situbondo. Hasil penelitian dari peran guru dalam memberikan motivasi belajar pada siswa berprestasi akademik kelas VB menunjukkan bahwa guru menggunakan 7 bentuk motivasi belajar pada siswa dengan memberikan nilai, saingan/kompetisi, pujian, hukuman, hasrat untuk belajar, minat dan tujuan yang diakui. Namun, salah satu bentuk motivasi belajar yang belum dijalankan oleh guru yaitu pemberian hadiah. Motivasi belajar yang diberikan oleh guru mampu menghasilkan siswa-siswi yang berprestasi di kelas VB. Terdapat 10 siswa yang meraih peringkat 10 besar, sedangkan 2 diantaranya meraih juara dalam lomba di bidang akademik diluar sekolah dan 1 siswa meraih juara dalam lomba di bidang non akademik.
References
Asmani, Jamal M. 2015. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif Dan Inovatif. Jogjakarta: Diva Pers.
Apriani, Asri. (2016). Hubungan Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Layang-Layang Di Kelas Vii-D Smp Negeri 1 Bayat Tahun Ajaran 2015/2016. Diakses dari https://repository.usd.ac.id/71 89/1/121414134.pdf. 5 April 2018.
Budiono, Teguh. (2012). Hubungan Karakteristik Guru Dan Fasilitas
Belajar Dengan Kualitas Pembelajaran Siswa Di Smk Negeri 2 Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/8467/. 5 April 2018.
Kartika. (2016). Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Smp Pgri 2 Ciledug. Diakses dari http://repository.uinjkt.ac.id/d space/bitstream/123456789/3 2763/1/Soraya%20Dwi%20K artika%20%20111101500004 4%20%28watermark%29.pdf . 10 April 2018.
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ningsih, Yusria. (2014). Perkembangan Peserta Didik. Surabaya: Revka Petra Media.
Rohmah, Siti Hajar. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Viii Smp Sekecamatan Berbah Tahun Ajaran 2012/2013. Volume 3, No 1. Diakses dari http://journal.student.uny.ac.i d/jurnal/artikel/7424/39/780. 5 April 2018.
Rosyada, Dede. (2017). Madrasah Dan Profesionalisme Guru Dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam Di Era Otonomi Daerah. Depok: Kencana.