PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS (GAMBAR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI DIAGRAM LINGKARAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 SELETRENG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Ach Munawi Husein universitas abdurachman saleh situbondo
  • Ahmad Basofi universitas abdurachman saleh situbondo

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan dan seberapa besar peningkatan hasil belajar matematika pada pembelajaran diagram diagram lingkaran melalui penerapan strategi pembelajaran Inkuiri dan penggunaan media grafis (gambar) siswa kelas IV SD Negeri 4 Seletreng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Langkah-langkah tersebut terdiri dari perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Seletreng yang terdiri dari 11 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif untuk mengetahui data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Inkuiri dengan penggunaan media Grafik (gambar) pada mata pelajaran matematika materi diagram lingkaran tema makan sehat dan bergizi subtema manfaat makanan sehat dan bergizi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. SD Negeri 4 Seletreng. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan yang lebih baik karena siswa mengalami peningkatan hasil belajar, padahal pada setiap siklusnya siswa dapat lebih memahami dan menguasai konsep materi pembelajaran. Hal lain juga dapat ditunjukkan dengan siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Hasil tes peningkatan pembelajaran pada pra siklus hanya 27% dan meningkat menjadi 64% pada akhir siklus I atau meningkat sebesar 37%. Sedangkan pada akhir siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 82%, meningkat 18% dibandingkan akhir siklus I.

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan dan seberapa besar peningkatan hasil belajar matematika pada pembelajaran diagram diagram lingkaran melalui penerapan strategi pembelajaran Inkuiri dan penggunaan media grafis (gambar) siswa kelas IV SD Negeri 4 Seletreng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Langkah-langkah tersebut terdiri dari perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Seletreng yang terdiri dari 11 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif untuk mengetahui data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Inkuiri dengan penggunaan media Grafik (gambar) pada mata pelajaran matematika materi diagram lingkaran tema makan sehat dan bergizi subtema manfaat makanan sehat dan bergizi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. SD Negeri 4 Seletreng. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan yang lebih baik karena siswa mengalami peningkatan hasil belajar, padahal pada setiap siklusnya siswa dapat lebih memahami dan menguasai konsep materi pembelajaran. Hal lain juga dapat ditunjukkan dengan siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Hasil tes peningkatan pembelajaran pada pra siklus hanya 27% dan meningkat menjadi 64% pada akhir siklus I atau meningkat sebesar 37%. Sedangkan pada akhir siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 82%, meningkat 18% dibandingkan akhir siklus I.

References

Abidin, Z, Muhammad. 2011. Hakikat Hasil Belajar Matematika. Dapat diakses melalui http://muhammadzainalabidin28.co.id/2011/01/hakikathasilbelajarmatematika. Diakses pada tanggal 26 Mei 2021.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Press
( Anggota IKAPI ).
Kartono, dkk. 2013. MODUL PLPG (Pendidikan Latihan Profesi Guru) Guru Kelas SD. Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan RI.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Posdakarya.
Munawaroh, Isniatun. 2007. Pengembagan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Suyanto. dan Jihad, Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga Group.
Tirtarahardja, Umar. dan La Sulo, S.L. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Usman, M, Uzer. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wardani, Igak, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wasliman. 2007. Problematika Pendidikan Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widoyoko, P, Eko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Abraham. 2012.  Problematika Pendidikan di Indonesia. Dapat diakses melalui https://abraham4544.wordpress.com/umum/problematika-pendidikan-di-indonesia/. Diakses pada tanggal 11 Agustus 2021.
Published
2022-11-23
How to Cite
HUSEIN, Ach Munawi; BASOFI, Ahmad. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS (GAMBAR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI DIAGRAM LINGKARAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 SELETRENG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 81-90, nov. 2022. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/2718>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v1i2.2718.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.