PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIMED PAIR SHARE MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SEMESTER 1 SD NEGERI 2 JATISARI ARJASA SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Alasan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Timed Pair Share merupakan hasil wawancara dengan siswa pada saat observasi awal diketahui bahwa 70% siswa di SD Negeri 2 Jatisari Arjasa menganggap bahwa mata pelajaran IPS membosankan karena cara mengajar guru selama ini hanya dengan ceramah dan penugasan sehingga terlihat monoton. Dengan adanya anggapan tersebut dapat menumbuhkan sikap negatif siswa pada mata pelajaran yang akhirnya berpengaruh pula terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus yaitu prasiklus, siklus I dan siklus II. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Jatisari Arjasa sebanyak 9 siswa. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Time Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari aktivitas prasiklus 51% meningkat menjadi persentase 89% tema ekosistem materi mengenali letak dan luas Indonesia melalui peta mata pelajaran IPS Pada siswa kelas V semester 1 di SD Negeri 2 Jatisari Arjasa Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Timed Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari prasiklus 56% meningkat menjadi persentase 89% tema ekosistem materi mengenali letak dan luas Indonesia melalui peta mata pelajaran IPS Pada siswa kelas V semester 1 di SD Negeri 2 Jatisari Arjasa Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022.
Abstract
Alasan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Timed Pair Share merupakan hasil wawancara dengan siswa pada saat observasi awal diketahui bahwa 70% siswa di SD Negeri 2 Jatisari Arjasa menganggap bahwa mata pelajaran IPS membosankan karena cara mengajar guru selama ini hanya dengan ceramah dan penugasan sehingga terlihat monoton. Dengan adanya anggapan tersebut dapat menumbuhkan sikap negatif siswa pada mata pelajaran yang akhirnya berpengaruh pula terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus yaitu prasiklus, siklus I dan siklus II. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Jatisari Arjasa sebanyak 9 siswa. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Time Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari aktivitas prasiklus 51% meningkat menjadi persentase 89% tema ekosistem materi mengenali letak dan luas Indonesia melalui peta mata pelajaran IPS Pada siswa kelas V semester 1 di SD Negeri 2 Jatisari Arjasa Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Timed Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari prasiklus 56% meningkat menjadi persentase 89% tema ekosistem materi mengenali letak dan luas Indonesia melalui peta mata pelajaran IPS Pada siswa kelas V semester 1 di SD Negeri 2 Jatisari Arjasa Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022.
References
Djamarah, 1994. Strategi Belajar Mengajar Jakarta, PT. Rineka Cipta
Hobri, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jember: UPTD Balai Pengembangan Pendidikan Dinas Pendidikan Universitas Jember.
Ibrahim, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Lie, 2002. Cooperatif Learning (Mempraktekkan Cooperatif Learning Diruang- Ruang Kelas). Jakarta: Grasindo
Maftahul Huda Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Pendekatan Struktural TPS Pada Mata Diklat Bekerjasama Dengan Kolega Dan Pelanggan Pokok Bahasan Bekerjasama Dalam Satu Tim Siswa Kelas X AP SMK Muhammadiyah 3 Gemolong Kabupaten Sragen. Tahun pelajaran 2009/2010
Muslimin, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA.
Nasution, 2007. Metode Penelitian Tindakan. Surabaya: SIC Surabaya.
Ningtiash, 2007. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Ditjen Kependidikan.
Nurhadi, 2003. Pembelajaran berbasis masalah, Jakarta. PT Cipta Karya.
Purwanti, 2006. Psikologi pendidikan: Materi pendidikan bimbingan konseling di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Depdikbud.
Robert Slavin dan Kagen, 2000. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica
Sriyono, 2006. Strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. Jakarta: Grasindo
Sukarni, 2001. Statistika untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA
Trinandita, 2004. Evaluasi diri demi peningkatan mutu pendidikan. Jakarta: Grasindo
Usman, 2004. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : Penerbit PT. Remaja Rosda karya.