DENGAN PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING LEARNING MENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PPKN SISWA KELAS XII AKOMODASI PERHOTELAN 1 SEMESTER GANJIL SMK NEGERI 1 PANJI SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022

  • Dyah Sukorini SMK NEGERI 1 PANJI

Abstract

Upaya pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaan menjadi efektif maka dibutuhkan suatu metode pembelajatan yang tepat. Salah satunya adalah metode pembelajaran Contekstual Teaching Learning ( CTL ). Dalam pembelajaran Learning Together, para siswa dikelompokkan ke dalam tim dengan empat sampai lima orang per tim dan heterogen kemampuannya. Para siswa bekerja sebagai suatu kelompok untuk menyelesaikan sebuah produk kelompok. Hal ini dapat meningkatkan keaktivan siswa.Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Mengetahui pengaruh motivasi belajar PPKn  setelah digunakan pembelajaran Contekstual Teaching Learning ( CTL ) pada siswa siswa Kelas XII Akomodasi Perhotelan 1 Semester II tahun pelajaran 2021/2022. 2. Mengetahui peningkatan prestasi belajar PPKn  setelah digunakannya pembelajaran konstektual model Contekstual Teaching Learning ( CTL ) pada siswa siswa Kelas XII Akomodasi Perhotelan 1 Semester I tahun pelajaran 2021/2022. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu , siklus I (67%) dengan nilai rata-rata 70,00 dan siklus II (83%) dengan nilai rata-rata 78,17. Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran  Contekstual Teaching Learning ( CTL ) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa Kelas XII Akomodasi Perhotelan 1 Semester I tahun pelajaran 2021/2022 SMKN 1 Panji Kabupaten Situbondo, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PPKn .

Abstract

Upaya pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaan menjadi efektif maka dibutuhkan suatu metode pembelajatan yang tepat. Salah satunya adalah metode pembelajaran Contekstual Teaching Learning ( CTL ). Dalam pembelajaran Learning Together, para siswa dikelompokkan ke dalam tim dengan empat sampai lima orang per tim dan heterogen kemampuannya. Para siswa bekerja sebagai suatu kelompok untuk menyelesaikan sebuah produk kelompok. Hal ini dapat meningkatkan keaktivan siswa.Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Mengetahui pengaruh motivasi belajar PPKn  setelah digunakan pembelajaran Contekstual Teaching Learning ( CTL ) pada siswa siswa Kelas XII Akomodasi Perhotelan 1 Semester II tahun pelajaran 2021/2022. 2. Mengetahui peningkatan prestasi belajar PPKn  setelah digunakannya pembelajaran konstektual model Contekstual Teaching Learning ( CTL ) pada siswa siswa Kelas XII Akomodasi Perhotelan 1 Semester I tahun pelajaran 2021/2022. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu , siklus I (67%) dengan nilai rata-rata 70,00 dan siklus II (83%) dengan nilai rata-rata 78,17. Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran  Contekstual Teaching Learning ( CTL ) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa Kelas XII Akomodasi Perhotelan 1 Semester I tahun pelajaran 2021/2022 SMKN 1 Panji Kabupaten Situbondo, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PPKn .

References

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. 4. 2012.
Budimansyah, Dasim., dan Karim Suryadi. PPKN dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan UPI, Cet. I.2008.
Hamalik, Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. 3. 2009.
Kusumah, Wijaya., dan Dedi Dwitagama. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks, 2009
Purwanto, Ngalim. Prinsi-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. 12. 2004.
Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia, Cet. 1. 2008.
Rosalin, Elin. Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Karsa Mandiri Persada, 2008.
Rosyada, Dede., dkk. Buku Panduan Dosen Pendidikan Kewargaan (CivicEducation) Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat Madani.Jakarta: Prenada Media, 2004.
Rozak, Abd., dan Maifelinda Fatra. Bahan Ajar PLPG Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: FITK UIN, Cet. Ke-3. 2012.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media, Cet. 8. 2011.
Sapriya. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). Jakarta: DirektoratJenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Cet. 2. 2012.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, Cet. 12. 2011.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara, Cet. 7. 2009.
Suprijono, Agus. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Cet. 10. 2013.
Suryanto, Adi., dkk. Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka, Cet. 2. 2009.
Published
2022-11-22
How to Cite
SUKORINI, Dyah. DENGAN PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING LEARNING MENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PPKN SISWA KELAS XII AKOMODASI PERHOTELAN 1 SEMESTER GANJIL SMK NEGERI 1 PANJI SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 57-68, nov. 2022. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/2716>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v1i2.2716.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.