PENINGKATAN DISIPLIN GURU MELALAUI SISTEM REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENUNJANG EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SDN 2 TALKANDANG SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Keberhasilan proses pembelajaran sangat bergantung pada beberapa faktor diantaranya adalah faktor guru. Guru sangat memegang peranan penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Guru yang mempunyai kompetensi yang baik tentunya akan sangat mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah sistem Reward dan Punishment dapat meningkatkan disiplin guru dalam menunjang efektivitas proses belajar mengajar di SDN 2 Talkandang Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) dengan Setting penelitian meliputi: tempat penelitian, waktu penelitian dan siklus PTS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara observasi, dan diskusi sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat peningkatan yang terjadi dari siklus ke siklus. Peneliti mengharapkan secara rinci indikator pencapaian hasil paling rendah 75% guru membuat empat komponen disiplin guru melalaui sistem Reward dan Punishment untuk menunjang efektivitas proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dapat disimpulkan bahwa penerapan Reward dan Punishment efektif untuk meningkatkan disiplin guru dikelas pada kegiatan belajar mengajar. Data yang diperoleh menunjukan bahwa setelah diadakan penerapan tindakan berupa Reward dan Punishment, guru yang memperoleh predikat baik dari 11 guru yang diamati dengan persentase secara klasikal sebesar 85%. Hal tersebut sudah mencapai pada pencapaian yang telah di tentukan yaitu suatu rinci indikator pencapaian hasil paling rendah 75% pada disiplin guru melalui sistem Reward dan Punishment untuk menunjang efektivitas proses belajar mengajar mampu mencapai skor 75 secara perseorangan, maka sistem Reward dan Punishment dapat meningkatkan disiplin guru dalam menunjang efektivitas proses belajar mengajar di SDN 2 Talkandang Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019.
Abstract
Keberhasilan proses pembelajaran sangat bergantung pada beberapa faktor diantaranya adalah faktor guru. Guru sangat memegang peranan penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Guru yang mempunyai kompetensi yang baik tentunya akan sangat mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah sistem Reward dan Punishment dapat meningkatkan disiplin guru dalam menunjang efektivitas proses belajar mengajar di SDN 2 Talkandang Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) dengan Setting penelitian meliputi: tempat penelitian, waktu penelitian dan siklus PTS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara observasi, dan diskusi sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat peningkatan yang terjadi dari siklus ke siklus. Peneliti mengharapkan secara rinci indikator pencapaian hasil paling rendah 75% guru membuat empat komponen disiplin guru melalaui sistem Reward dan Punishment untuk menunjang efektivitas proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dapat disimpulkan bahwa penerapan Reward dan Punishment efektif untuk meningkatkan disiplin guru dikelas pada kegiatan belajar mengajar. Data yang diperoleh menunjukan bahwa setelah diadakan penerapan tindakan berupa Reward dan Punishment, guru yang memperoleh predikat baik dari 11 guru yang diamati dengan persentase secara klasikal sebesar 85%. Hal tersebut sudah mencapai pada pencapaian yang telah di tentukan yaitu suatu rinci indikator pencapaian hasil paling rendah 75% pada disiplin guru melalui sistem Reward dan Punishment untuk menunjang efektivitas proses belajar mengajar mampu mencapai skor 75 secara perseorangan, maka sistem Reward dan Punishment dapat meningkatkan disiplin guru dalam menunjang efektivitas proses belajar mengajar di SDN 2 Talkandang Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019.
References
Ahmadi, Abu, & Widodo, Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Alisuf, Sabri M. 2015. Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional. Jakarta : Pedoman Ilmu Jaya
Arikunto, S. 2016, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, ed. Rev. IV Yogyakarta : Rinika Cipta
Baharudin. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah. 2008. Guru dan Anak Didik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Bumi Aksara
Hasibuan, M. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution. 2016. Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Multi Kasus di MTsN Pucanglaban Dan MTsN Bandung Tulungagung). Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Nawawi, Hadari, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Nawawi, Hadari. 2010. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ngalim Purwanto. 2019. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Belajar
Rosyid, Moh. Zaiful, dkk. 2018. Prestasi Belajar. Jawa Timur : Literasi Nusantara.
Sanjaya. 2015. Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sutari Imam Barnado. 2013. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistimatis, Yogyakarta :FIIKIP.
Sutrisno, E. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasioanal
Wijaya, Cece & A. Tabrani Rusyan, 2013. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Yanuar. 2012. Jenis-Jenis Hukuman Edukatif untuk Anak SD. Jogyakarta: Diva Press
Zuhairini,dkk. 2018. Metode Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional.