PERAN GURU DALAM MEMBANGUN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS IV DI MI IHYAUL ULUM TREBUNGAN KECAMATAN MANGARAN KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan. Tanpa adanya guru, proses pembelajaran tidak dapat berjalan dalam situasi yang kondusif. Selanjutnya, seorang guru memiliki beberapa peran, yaitu sebagai pendidik, pembimbing, sosok inspiratif dan juga sebagai pemimpin. Dari semua peran yang dimilikinya, diharapkan guru mampu mengembangkan pengetahuan siswa serta kepribadian siswa, seperti kedisiplinan, kedisiplinan merupakan sikap ketaatan seseorang dalam mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam membangun kedisiplinan siswa kelas IV MI Ihyaul Ulum Trebungan, Mangaran, Situbondo, Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, khususnya penelitian kualitatif deskriptif. . Instrumen kunci penelitian ini adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa peran guru dalam mengembangkan perilaku disiplin siswa kelas IV MI Ihyaul Ulum sebagai pendidik, pembimbing, sosok inspiratif dan pemimpin. terlaksana dengan baik, karena guru dalam proses pembelajaran selalu membimbing siswa dan menjadi teladan perilaku disiplin bagi siswanya.
Abstract
Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan. Tanpa adanya guru, proses pembelajaran tidak dapat berjalan dalam situasi yang kondusif. Selanjutnya, seorang guru memiliki beberapa peran, yaitu sebagai pendidik, pembimbing, sosok inspiratif dan juga sebagai pemimpin. Dari semua peran yang dimilikinya, diharapkan guru mampu mengembangkan pengetahuan siswa serta kepribadian siswa, seperti kedisiplinan, kedisiplinan merupakan sikap ketaatan seseorang dalam mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam membangun kedisiplinan siswa kelas IV MI Ihyaul Ulum Trebungan, Mangaran, Situbondo, Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, khususnya penelitian kualitatif deskriptif. . Instrumen kunci penelitian ini adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa peran guru dalam mengembangkan perilaku disiplin siswa kelas IV MI Ihyaul Ulum sebagai pendidik, pembimbing, sosok inspiratif dan pemimpin. terlaksana dengan baik, karena guru dalam proses pembelajaran selalu membimbing siswa dan menjadi teladan perilaku disiplin bagi siswanya.
References
Arisandi. (2011). Rahasia mendidik anak agar sukses dan bahagia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Gandhi, wangsa. (2014). Mazhab-mazhab filsafat pendidikan. Jogjakarta:
Ar-Ruzz.
Ma`mur, jamal. (2013). Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah. Jogjakarta: diva press.
Ma`mur, jamal. (2011). Tips menjadi guru inspiratif, kreatif dan inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Manab, Abdul. (2015). Penelitian pendidikan kualitatif. Yogyakarta: Kalimedia.
Mujtahid, (2009). Pengembangan profesi guru. Malang: UIN Malang Prees.
Sugiyono, (2012). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Al-fabeta.