ANALISIS MINAT BACA SISWA DALAM MASA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD NEGERI 1 AGEL KECAMATAN JANGKAR KABUPATEN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Minat baca siswa khususnya di sekolah dasar merupakan suatu kunci
penting bagi kemajuan bangsa karena penguasaan ilmu pengetahuan dan
teknologi hanya dapat dicapai dengan minat baca yang tinggi. Selama pandemi
saat ini, siswa harus tetap memiliki minat yang tinggi untuk membaca di rumah
sekalipun meskipun mereka tidak belajar di sekolah. Berdasarkan pengamatan, hal
itu bisa diketahui bahwa siswa kelas IV SD Negeri 1 Agel masih kurang berminat
membaca karena siswa lebih suka bermain daripada membaca buku meskipun
sekolah memiliki fasilitas perpustakaan. Rendahnya minat baca siswa tersebut
dapat berdampak pada rendahnya pengetahuan dan wawasan siswa. Sedangkan
siswa yang memiliki nilai tinggi intensitas membaca akan memiliki tingkat
pengetahuan dan wawasan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji
dan mengetahui lebih jauh tentang minat baca siswa secara online masa
pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD Negeri 1 Agel,
Jangkar, Situbondo, tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini digunakan kualitatif
deskriptif. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi metode, wawancara
dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah data pengumpulan,
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa minat baca siswa pada pembelajaran daring pada periode
Mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Agel tergolong cukup baik
dilihat dari komponen minat baca yang telah dilaksanakan, yaitu pemusatan
perhatian, penggunaan waktu, motivasi membaca, emosi dalam membaca, dan
upaya membaca. Dari hasil tersebut, 50% siswa yangtertarik membaca dan 50%
sisanya masih belum tertarik membaca diperoleh dari hasil angket siswa
Abstract
Minat baca siswa khususnya di sekolah dasar merupakan suatu kunci
penting bagi kemajuan bangsa karena penguasaan ilmu pengetahuan dan
teknologi hanya dapat dicapai dengan minat baca yang tinggi. Selama pandemi
saat ini, siswa harus tetap memiliki minat yang tinggi untuk membaca di rumah
sekalipun meskipun mereka tidak belajar di sekolah. Berdasarkan pengamatan, hal
itu bisa diketahui bahwa siswa kelas IV SD Negeri 1 Agel masih kurang berminat
membaca karena siswa lebih suka bermain daripada membaca buku meskipun
sekolah memiliki fasilitas perpustakaan. Rendahnya minat baca siswa tersebut
dapat berdampak pada rendahnya pengetahuan dan wawasan siswa. Sedangkan
siswa yang memiliki nilai tinggi intensitas membaca akan memiliki tingkat
pengetahuan dan wawasan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji
dan mengetahui lebih jauh tentang minat baca siswa secara online masa
pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD Negeri 1 Agel,
Jangkar, Situbondo, tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini digunakan kualitatif
deskriptif. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi metode, wawancara
dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah data pengumpulan,
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa minat baca siswa pada pembelajaran daring pada periode
Mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Agel tergolong cukup baik
dilihat dari komponen minat baca yang telah dilaksanakan, yaitu pemusatan
perhatian, penggunaan waktu, motivasi membaca, emosi dalam membaca, dan
upaya membaca. Dari hasil tersebut, 50% siswa yangtertarik membaca dan 50%
sisanya masih belum tertarik membaca diperoleh dari hasil angket siswa
References
Kasiun, S. (2015). Jurnal Pena Indonesia (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, Dan Pengajarannya. Bahasa Indonesia, Sastra Dan Pengajarannya, 1(1), 80–95.
Rofek, A. (2019). PKM Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Giat Literasi Dan Pojok Perpus Di SD Islam Ulil Albab Kecamatan Panarukan. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 23–30.
Sa’diyah, Z. (2015). Peningkatan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Islam (SDI) Bani Hasyim Singosari. Malang
Solikhah, I. A. (2016). Hubungan Minat Baca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Gugus Dipayuda Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara.
Wulan, R. (2010). Peranan Inteligensi, Penguasaan Kosakata, Sikap, Dan Minat Terhadap Kemampuan Membaca Pada Anak. Jurnal Penelitian Dan EvaluasiPendidikan,14(2),166–185.