ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI SAYUR HIDROPONIK DI POKDARWIS ( KELOMPOK SADAR WISATA) OLEAN

  • Nurma Novia Oky Chandra Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Yasmini Suryaningsih Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap minat beli sayur hidroponik di POKDARWIS Olean serta untuk mengetahui variabel yang paling dominan terhadap minat beli sayur hidroponik di POKDARWIS Olean. Daerah penelitian ditentukan menggunakan metode purposive dengan pertimbangan karena POKDARWIS Olean adalah salah satu objek wisata edukasi hidroponik di Kabuaten Situbondo serta memiliki lingkup pasar yang relatif luas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan kuantitatif, sedangkan data yang di peroleh dari lapangan akan di analisa dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian aspek bauran pemasaran yang terdiri dari produk dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli sedangkan aspek bauran pemasaran lainnya yang terdiri dari promosi dan lokasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli. Selain itu, dari penelitian ini di peroleh hasil yang menunjukkan bahwa variabel produk merupakan variabel yang paling dominan terhadap minat beli sayur hidroponik di POKDARWIS Olean dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,480.

Downloads

Author Biographies

Nurma Novia Oky Chandra, Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Yasmini Suryaningsih, Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

References

Gujarati, Damodar N. 2006. Ekonometrika Dasar. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kasmir. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Prenhallindo. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke 13. Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Philip Kotler dan Kevin L. Keller. 2006. Manajemen Pemasaran edisi ke 12 Jilid ke 1. New Jersey, Indeks.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis: Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi III. Andi. Yogyakarta
Published
2019-06-25
How to Cite
CHANDRA, Nurma Novia Oky; SURYANINGSIH, Yasmini. ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI SAYUR HIDROPONIK DI POKDARWIS ( KELOMPOK SADAR WISATA) OLEAN. AGRIBIOS, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 1-6, june 2019. ISSN 2723-7044. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/agribios/article/view/879>. Date accessed: 11 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/agribios.v17i1.879.
Section
Articles