STRATEGI PEMASARAN CABAI RAWIT (CAPSICUM FRUTESCENS L) PADA MASA PANDEMIC COVID-19 DI KABUPATEN KOLAKA
Abstract
Pada masa Pandemic Covid-19 menyebabkan pasokan cabai rawit menjadi terbatas yang berdampak pada kenaikan harga dan pemasaran cabai rawit. Untuk menjaga pasokan dan stabilitas harga maka perlu disusun strategi pemasaran. Rumusan masalah penelitian yaitu bagaimana strategi pemasaran dan urutan strategi prioritas pemasaran cabai rawit pada masa pandemic Covid-19. Rancangan penelitian yaitu metode survey dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Strategi pemasaran cabai rawit menggunakan tiga tahap formulasi. Pertama, tahap masukan yaitu analisis lingkungan internal dan eksternal dengan matrik IFE-EFE. Kedua, tahap sinkronisasi menggunakan matrik I-E dan Analisis SWOT untuk memperoleh strategi yang detail. Ketiga, tahap keputusan yaitu menggunakan analisis QSPM yang bertujuan memperoleh urutan prioritas strategi. Analisis strategi pemasaran ini menghasilkan lima strategi utama dengan urutan prioritas strategi antara lain pertama menjalin kerja sama dan menguasai pemasok cabai rawit, kedua peningkatan pemasaran cabai rawit yang berbasis online, ketiga mengontrol dan mengambil kendali atas pedagang yang menjadi pesaing, keempat menyediakan Chiller, melakukan pengolahan dan pengemasan cabai rawit, serta kelima peningkatan jumlah jenis olahan cabai rawit yang berbasis diversifikasi produk.
Downloads
References
BPS Kab. Kolaka. 2019. Statistik Hortikultura Komoditas Strategis Kolaka 2019: Bada Pusat Statistik Kabupaten Kolaka.
Chan X. 2011. A SWOT Study of the Development Strategy of Haier Group as one of the Most Successful Chinese Enterprises. International Journal of Business and Social Science. 2(11): 147-153.
David, FR. 2004. Manajemen Strategi. Edisi Sembilan. Jakarta: Indeks.
________. 2012. Manajemen Stretegis: Konsep. Jakarta: Salemba Empat.
David, J. 2018. Teknologi Untuk Memperpanjang Masa Simpan Cabai. Jurnal Pertanian Agros, 20(1): 22-28.
Fitriyah, A. Ni Wayan PA. Putu Udayani W. 2019. Saluran Pemasaran Cabai Rawit di Kecamatan Puger Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata. 8(1): 401-409.
Hia, A. Rita, N. Amzul, A. 2020. Efisiensi Pemasaran Cabai Rawit Merah di Desa Cidatar Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. Forum Agribisnis. 10(1): 36-45
Khanifar H, Hamed B, Mostafa E, Kamran N, Azadeth F, Azadeh P. 2012. Strategies of Increasing Non-Oil Exports of Iran-Qom State Case Study: Sohan. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2(3): 2991-2998.
Khotimah S. 2012. Perumusan Strategi Bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Untuk Meraih Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Universitas Merdeka Malang). Spread, 2(1): 73-84.
Mursid, Muhammad. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Putra A, Idqan F, Yossi W. 2015. Competitive Strategy of a Market Leader; Case of UD. Primadona’s Prol Tape Jember - East java.Indonesian Journal of Business and Enterpreneurship. 1(3): 127-136-409.
Rangkuti, F. 2009. Analisis SWOT Tekhnik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sofanudin, A dan Eko WB. 2017. Analisis Saluran Pemasaran Cabai Rawit (Capsicum Frutescens L) Studi Kasus di Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Jurnal Viabel Pertanian. 11(1): 46-58.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.