Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Model Problem-Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV) (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 27 Medan)

  • Muhammad Affan Surbakti Universitas Negeri Medan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV), setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning). Rendahnya pemahaman konsep ini menjadi kendala untuk siswa dalam proses aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 27 Medan yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pemahaman konsep dalam bentuk soal uraian dan wawancara semi-terstruktur untuk mendalami pemikiran siswa. Data dianalisis melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL memberikan dampak positif terhadap pemahaman konsep SPLSV siswa. Sebagian besar siswa mampu memenuhi indikator pemahaman konsep, seperti: (1) menyatakan ulang sebuah konsep; (2) mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu; (3) memberikan contoh dan non-contoh; (4) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis; dan (5) mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah. Meskipun demikian, masih ditemukan sebagian kecil siswa yang mengalami kesulitan dalam memodelkan masalah kontekstual ke dalam bentuk persamaan matematika. Disimpulkan bahwa model PBL efektif untuk melatih dan meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi SPLSV karena mendorong siswa untuk aktif membangun pengetahuannya melalui pemecahan masalah nyata.

Referensi

Arends, R. I. (2012). Learning to teach. New York: McGraw-Hill.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: Refika Aditama.
Schoenfeld, A. H. (2016). Learning to think mathematically: Problem solving, metacognition, and sense making in mathematics. In D. A. Grouws (Ed.), Handbook of research on mathematics teaching and learning (pp. 334–370). Charlotte, NC: Information Age Publishing.
Diterbitkan
2025-11-24
##submission.howToCite##
SURBAKTI, Muhammad Affan. Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Model Problem-Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV) (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 27 Medan). PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 179-184, nov. 2025. Tersedia pada: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/7446>. Tanggal Akses: 06 des. 2025