Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Sistem Gerak
Abstract
Abad ke-21 ditandai dengan pesatnya perkembangan arus globalisasi serta teknologi informasi, sehingga abad ke-21 disebut juga dengan abad pengetahuan (Knowledge age), untuk menghadapi tantangan aad ke-21, peserta didik dituntut untuk memiliki keterampilan abad 21 meliputi: keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, keterampilan untuk Berkomunikasi, berkolaborasi, serta kreatif dan inovatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi system gerak. Metode yang digunakan yaitu quasy experiment dengan desain non-equivalent control grup desain. Sampel yang digunakan yaitu XI 1 dan XI 5 masing-masing kelas berjumlah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa tes tulus berbentuk uraian. Berdasarkan data hasil penelitian rata-rata nilai Pretest-Posttest kelas Eksperimen sebesar 50,2 dan 80,2 sedangkan kelas kontrol sebesar 47 dan 75,8. Bedasarkan hasil analisis uji hipotesis nilai Sig (2-tailed) 0,00<0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model DBUS berpengaruh positif terhadap keterampilan bepikir kritis peserta didik pada materi sistem gerak.



