MANFAAT TEKNOLOGI AI SEBAGAI SARANA MEMUDAHKAN PENCARIAN LITERASI DALAM PENYUSUNAN KARYA ILMIAH MAHASISWA UNARS FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
Abstract
Artificial intelligence (AI) merupakan istilah kecerdasan buatan yang mengacu pada sistem yang digunakan untuk membangun dan memajukan pembelajaran akademis yang didasarkan pada komputer atau mesin dengan kecerdasan yang sebanding atau lebih besar dari manusia. Teknologi kecerdasan buatan Artificial intelligence (AI) dimanfaatkan secara luas tetapi hanya sedikit platform Artificial intelligence (AI) yang telah dikembangkan oleh manusia untuk memfasilitasi pekerjaan manusia. Meskipun ada banyak jenis kecerdasan buatan Artificial intelligence (AI), setiap platform memiliki aplikasi dan tujuannya masing-masing. Penulis dalam hal ini telah mendeskripsikan platform yang sering digunakan oleh mahasiswa untuk membantu aktifitasnya universitas kususnya dalam memudahkan mendapat literasi bagi karya tulisnya. Metodologi penelitian yang digunakan untuk mengetahui sifat dari fenomena tersebut yaitu, pendekatan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode yang mengumpulkan data angket melalui tanya jawab dan dapat memainkan peran penting sebagai mahasiswa supaya dapat membantu mereka dalam ketidak mampuan belajar serta bisa memahami dan menilai secara kritis teknologi kecerdasan dalam menggunakan Artificial intelligence (AI) untuk mengembangkan potensi dalam penulisan akses literasi. Sehingga dengan adanya Artificial intelligence (AI) Mahasiswa UNARS Fakultas Ekonomi dan Bisnis bisa menggunakan teknologi kecerdasan sebagai alat bantu untuk menciptakan dengan mudah sebuah karya tulis dalam penulisan literasi. Hasil yang didapatkan dari mahasiwa dalam mengurangi kecemasan belajar, dan teknologi kecerdasan ini (80%) dan tidak semuanya memiliki keuntungan bagi mahasiswa, tetapi kita sebagai mahasiswa harus memperhatikan terhadap dampak dari Artificial intelligence (AI ) ini.
References
Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. (n.d.). mengenal-lebih-dalam-artificial-intelligence-ai.
Edwin Setiawan1, A. P. P. , M. S. F. A. , R. A. P. (2023). 16.+AI+edwin. Artificial Inteligent Dan Sistem Penunjang Keputusan, 1, 92–99.
feb-uir-gelar-workshop-pemanfaatan-kecerdasan-buatan-dalam-penyusunan-karya-ilmiah-mahasiswa. (2023).
Khoiriah, S. U., Lam, L. K., & Lubis, U. (1322). Agustus 2023 Diva Kayla Nazwa Anas Universitas Negeri Jakarta Jl. Rawamangun Muka, RT.11/RW.14, Rawamangun. 2(2). https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i2.650
Kisno, K., Fatmawati, N., Rizqiyani, R., Kurniasih, S., & Ratnasari, E. M. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCES (AI) SEBAGAI RESPON POSITIF MAHASISWA PIAUD DALAM KREATIVITAS PEMBELAJARAN DAN TRANSFORMASI DIGITAL. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 4(1), 44. https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.7878
Ramli, M., Tinggi, S., Tarbiyah, I., & Batam, H. (n.d.). Mengeksplorasi Tantangan Etika dalam Penggunaan Chat GPT sebagai Alat Bantu Penulisan Ilmiah: Pendekatan Terhadap Integritas Akademik. In Journal of Islamic Education e issn 2797 (Vol. 5886, Issue 1).
Sely Trianie, E. S. I. F. R. (2024). MODEL PEMBELAJARAN LITERASI DIGITAL DENGAN BANTUAN KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) UNTUK MEWUJUDKAN SDGs 2030. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 2, 33–38.