PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI KAPAL API DI KELURAHAN DAWUHAN DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL MODERATING

  • Muh. Bary Nur Anhar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Karnadi Karnadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Yudha Praja Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

PT. Santos Jaya Abadi perusahaan multinasional dengan fokus produksi kopi kemasan seperti kopi Kapal Api dan minuman kemasan lainnya. Data TBI diatas menunjukkan kopi kemasan Kapal Api memiliki survei terbaik di antara kompetitor kopi bubuk kemasan berampas lainnya. Maka fokus pada penelitian ini kepada konsumen kopi kemasan Kapal Api di Kelurahan Dawuhan Kab. Situbondo. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Kelurahan Dawuhan. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan simple random sampling. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Model Persamaan Struktural-Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0, menunjukkan Brand image bahwa berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Keputusan pembelian, Kualitas produk bahwa berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Keputusan pembelian, Brand image bahwa dengan moderasi Word of mouth  berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Keputusan pembelian, Kualitas produk bahwa dengan moderasi Word of mouth berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Keputusan pembelian.

References

Alma, B. 2013. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Asshifa, R. D. 2022. Pengaruh Country Of Origin Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Pengguna Smartphone Samsung Di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb, 10(2), Article 2.
Fadhilah, M., & Cahya, A. D. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Moderasi. In Forum Ekonomi (Vol. 24, No. 3, Pp. 607-617
Fawzi, M. G., Iskandar, A., S., Erlangga, H., Nurjaya., Dan Sunarsi, D. 2022. Strategi Pemasaran Konsep, Teori Dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Book
Hogan, S. 2015. Employees And Image: Bringing Brand Image To Life. The 2nd
Kotler, P Dan Keller, Kl. 2013. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
.2016. Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, P Dan Amstrong. 2014. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Penerbit: Erlangga.
Mashlahah, A. 2022. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Hni-Hpai Di Salatiga).
Sawlani, D. K. 2021. Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keamanan Dan Kepercayaan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Seinuri, S., Sari, L. P., & Praja, Y. 2023. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Surya Abadi Vapestore Di Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (Jme), 2(6), 1318-1332.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono , F & Diana, A. 2020. Pemasaran, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Published
2024-08-09
How to Cite
ANHAR, Muh. Bary Nur; KARNADI, Karnadi; PRAJA, Yudha. PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI KAPAL API DI KELURAHAN DAWUHAN DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL MODERATING. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 196-205, aug. 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/4979>. Date accessed: 26 nov. 2024.